Tanya kenapa?

Post ini murni berdasarkan pendapat, penilaian, pengamatan pribadi. Tapi lebih banyak dari pengalaman orang lain dan tingkah laku manusia yang ditemui sehari-hari.

Kenapa anak kok bisa menjajah orang tuanya? Ini pertanyaan besar sih sejak punya anak. Itu anak kan harus nurut orang tuanya, kenapa kalau gak dibelikan apa yang diinginkan trus mewek, trus jadi diturutin. Kecuali orang tua nyuruh anak / membebaskan anak menjadi mudharat / sesat. Itu ya gak bener. Ini kita bicara dalam konteks mendidik. Eh tapi kalo didikannya moderat susah juga ya.

Kenapa orang jalan di tol, di jalur kanan tapi nyantai? Lo kan bisa jalan di tengah atau kiri sekalian. Kanan itu ya cepettt. Ini gak masuk akal gue sih. Lelet tapi di jalur kanan itu bikin emosiii.

Kenapa CV lo harus pakai / ada warna merah menyala? Etika standar powerpoint aja kan pakai 2 warna yang netral. Pun kalau berwarna juga ada etikanya, gak merah cabe juga warna yang lo pake.

Kenapa orang yang selingkuh trus playing victim malah jadi spotlight? Pertama, dia yang betingkah. Kedua, kok ya orang masih percaya sama manusia kayak gitu. Ketiga, bukan cuma pantes diazab, tapi juga wajib jadi kerak neraka kalo gue bilang. Setara sama koruptor.

Kenapa orang yang minjem uang (ngutang), tapi galakan dia pas ditagih? Ini dosanya mirip sama kasus di atas. Udah ada juga kasus yang malah viral kan ya. Trus kalah lagi pas di pengadilan. Wkwkwk. Mau elo orang gedean juga, utang tetap utang. Dibawa sampe mati.

Kenapa mengemis dijadikan profesi tetap? Udahlah jalan sekitar situ bolong2 gak karuan, berderetlah itu pengemis berbagai model. Misal masih muda, kalau cewek, apa bisa jadi pembantu. Kalau cowok apa bisa jadi kuli. Atau profesi lain yang menghasilkan lumayan. Bukan cuma duduk bawa anak menadahkan tangan. Tuhan kasih lo nafas dan energi untuk hidup agar bisa berusaha dengan jalan yang halal.

Kenapa mengkambinghitamkan orang lain menjadi suatu hal yang lumrah? Orang yang mengusahakan suatu hal yang benar tapi mungkin salah menurut perspektif orang lain, lalu orang lain melakukan hal yang benar dengan ‘caranya.’ Lalu orang yang berusaha itu trus jadi salah karena ulah menjilat orang lain. Itu wow banget sih.

Kenapa orang yang melakukan kesalahan, trus dia bertindak mulia demi menggugurkan kesalahannya. Trus merasa harus diapresiasi dan dihargai? Orang yang menjadi korban dari tindak kejahatan juga berhak untuk tidak menerima usaha Anda. Siapa elo mesti banget diapresiasi dan dihargai?? Kalau memang merasa salah, ingin memperbaiki. Lakukan secara konsisten dengan niat tulus tanpa berharap dinilai baik. Kenapa trus jadi si oknum yang nentuin ini itu? Gak masuk akal.

Kenapa ada orang yang mudah menyerah, malas untuk berjuang, dan asik nge-block usaha orang untuk berkompromi? Itu hak orang sih, tapi ya jangan menuntut macam-macam. Segala sesuatu itu 2 arah, mana bisa satu arah. Emangnya jaman penjajahan. Tantangannya pasti ada, untuk bisa mewujudkan itu. Misal ada peluang lain yang ‘sengaja diciptakan’ sehingga menutup jalan menjadi solusi. Keras hati in a bad way menjadi suatu kemenangan sepihak yang dirasa pantas untuk dibanggakan. Naudzubillahi min dzalik.

Kenapa masih jaman, dengan wewenang / kekuasaan yang dimiliki. Menjadikan orang lain pantas untuk kalah? Padahal ini Negara hukum, semua ada aturan. Tapi berhasil ‘dilemahkan’ demi tercapainya suatu tujuan. Pada akhirnya memang jika keadilan tidak bisa didapatkan di dunia, mesti banyak berdoa supaya bisa dapat keadilan tersebut di akhirat. Terpaksa nrimo dan tetap tegak maju untuk sukses.

Mungkin dari sepuluh hal di atas, ada yang tidak sependapat? iishh, gue gak minta orang sependapat sama guee. Silakan untuk berpendapat jika dirasa perlu. Kalau dirasa gak penting juga gak masalah. Selamat berakhir pekan.

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: