Tips bila ingin punya anak versi Frany

image

Post ini murni pengalaman teman2 dan semua yang ada di sekitar saya. Dari sudut pandang saya (subyektif), berdasarkan pengalaman pribadi saya bekerja selama empat tahun di bidang pendidikan tinggi yang berkaitan dengan kandungan. Tapi yang mau saya bagi di sini medis dan non medis, seperti:
1. Post sebelumnya, beberapa temen yang belum setahun menikah masih rajin berbulan madu demi bisa hamil. Bahkan ada yang rela resigned biar less stress dan bisa fokus program hamil dengan alami. Saya termasuk yang mengalami ini, emang gak boleh banget stres kalo akan dan sedang hamil.
2. Setelah setahun menikah baik yang tinggal bareng atau long distance marriage tapi belum juga hamil. Pasangan suami-istri disarankan mengunjungi dokter obgyn yang terbaik di kota Anda. Bahkan ada yang rela ke luar kota atau bahkan luar negri ikhtiarnya. Hal ini tidak berlaku untuk pasangan yang belum atau tidak merencanakan punya anak ya.
3. Konsul ke obgyn udah, tes lab lengkap untuk istri udah, tes kualitas sperma udah, ngikutin saran obgyn udah. Tapi belum hamil juga, saatnya berlanjut ke inseminasi yang masih termasuk pembuahan alami. Coba sekali dua kali, sambil tetap berdoa sama YME.
4. Inseminasi ternyata gagal, jalan lain adalah bayi tabung (in vitro fertilization (IVF)). Biaya memang lebih mahal tapi kalau mampu tak ada salahnya dicoba.
5. Segala upaya medis sudah dilakukan tapi belum juga berhasil. Tidak menutup ikhtiar dengan cara lain, misal alternatif dalam bentuk pijit. Atau untuk muslim bisa umroh, selain ibadah bisa bebas curhat dan bermunajat di tanah suci.
6. Cara no. 5 udah dilakukan tapi belum juga berhasil hamil. Seperti post saya sebelumya, bisa lakukan anak pancing. Saya pribadi menilai gak ada yang salah dengan cara ini, daripada melihara hewan peliharaan mending memelihara, merawat, dan menyayangi anak saudara sendiri atau anak yatim sekalian *dasarbukanpetlover
7. Masih kekeuh mau anak sendiri tapi istri bermasalah dengan rahim. a good friend of mine, meminta ibu lain untuk mau mengandung anaknya. Sperma suami dan sel telur istri dibuahi di kandungan ibu lain. Solusi ini cukup ekstrim dan tidak diperbolehkan dalam Islam. Tapi buat yang non muslim bisa jadi pilihan solusi. Ibu tersebut tugasnya hanya megandung, setelah melahirkan gak bisa menuntut apapun karena sudah ada hitam di atas putih dan tentunya sejumlah uang sebagai imbalan. Temen saya punya dua anak yang dua2nya dikandung ibu lain.
8. Tips saya di atas gak bisa diterima dan ngotot mau hamil alami aja. Monggo, gak ada masalah. Bentuk ikhtiar tiap pasangan suami-istri kan beda2. Ini mumpung semangat punya anak masih membara, kalo udah padam ya wassalam.

Semua kembali ke pasangan suami-istri saat awal membangun rumah tangga. Mau menjadi sakinah-kah, sekedar have fun kah, berjuang bersama-kah, atau pasrah bersama-kah. Salah atau benar kembali ke keyakinan masing2 pasangan 🙂

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Tips bila ingin punya anak versi Frany

  1. Artikel yg sangat menarik..👍🏼 Sedikit tambahan dan koreksi untuk poin 7. Dari apa yg pernah saya baca, proses punya anak yg dimaksud di poin ini adalah surrogacy (rahim/kandungan pengganti). Proses pembuahan/konsepsi antara sperma dan sel telur dilakukan di cawan petri/lab oleh seorang ahli embriologi (prosedur IVF). Setelah proses pembuahan sukses maka hasilnya adalah embrio. Inilah yg ditransfer ke rahim pengganti milik wanita lain (bukan rahim pemilik sel telur yg dibuahi sperma sehingga jadi embrio tersebut). Demikian, tks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s