PBB & Pajak Kendaraan

Gak terasa udah menjelang akhir tahun nih, udah pada bayar segala itu tanggung jawab PBB dan pajak kendaraan dong ya? Duluuu banget, saya pernah posting tentang PBB trus juga pajak kendaraan, https://franyfatmaningrum.wordpress.com/2016/04/02/pajak-bumi-dan-bangunan-pbb/. Tahun ini dimulai dengan isi SPT Pribadi, trus bayar PBB yang mana ternyata per tahun ini suda gak dapet lagi kertas oranye yang seperti biasa kita dapet. Jadi gimana dong bayarnya? Kalau saya, tiap bayar PBB, kertas oranye dulu yang kita dapat pasti saya scan jadi tinggal print trus bawa ke teller di bank untuk dibayarkan. Kita dapat bukti pembayaran. Entah ya kenapa gak dapet kertas oranye itu lagi, tapi bukti pembayaran dari bank, cukup untuk pegangan kita.

Sementara untuk pajak kendaraan, duluu juga pernah poting https://franyfatmaningrum.wordpress.com/2018/07/27/biaya-biaya/. Kali ini saya bayar di Samsat Jakarta Pusat (Jakpus), tepatnya ada di seberang WTC Mangga Dua. Jangan sampe salah ya, info SIM keliling itu ya hanya untuk pelayanan SIM saja, gak bisa bayar pajak kendaraan. Saya sampai di samsat dengan kondisi cukup lengang. Ternyata disediakan 5 mobil pelayanan pajak yang terletak persis di halaman kantor Samsat Jakpus. Kita bisa minta form terlebih dahulu, selesai mengisi form, kita lengkapi dengan asli dan fotokopi BPKB, STNK, KTP, dan KK. Kasih semua trus dapet form untuk dikasih ke petugas kasir, bayar tunai. Tinggal nunggu dipanggil untuk dapat cap di STNK kita. Beres deh. Saya pribadi kemarin gak sampe setengah jam udah selesai. Alhamdulillah.

Pajak Kendaraan
Pajak Kendaraan
Pajak Kendaraan

Saya tipe yang males menunda atau menunggak. Amit2 jangan sampe. Jadi mending udah dijadwalkan dan dianggarkan sebelumnya. Percayalah, mendingan kita urus tepat waktu, menghindarkan kita juga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama denda ya. Pastinya setiap bulan kita udah ada pengeluaran rutin, jadi tinggal sisihkan untuk biaya rutin tahunan dan biaya tak terduga. Sebelum akhir tahun, mending kita beresin yuk urusan gini-ginian. Gimana dengan pengalaman Kamu bayar pajak tahun ini?

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “PBB & Pajak Kendaraan

  1. Kalau pajak kendaraan saya barusan kemaren.. bayar pajak motor lawas .. pajaknya kisaran 100 ribu aja.

    Malah saya bikin artikel tata cara bayar pajak di samsat karanganyar untuk bayar tahunan.. mayan ada beberapa pembaca yang tersesat ke tulisan saya hihihii… saya lengkapi dengan syarat yang perlu disiapkan serta tips supaya cepet dalam pembayaran.

    Liked by 1 person

  2. Pertama kali bayar pajak kendaraan sekaligus perpanjang STNK dan plat ya baru tahun ini. Emang banyak momen “ooh gini ternyata” pas ngurus sendiri. Dan langsung terpancing buay nyeritain di blog juga meski nol eksekusi! 😂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: