Vaksin ke-3 (booster): Moderna

Disclaimer: murni pengalaman pribadi. Kenyatannya KIPI berbeda di setiap orang.

Moderna

Jumat minggu lalu pukul 14.00 sesuai jadwal saya dan beberapa teman kantor datang ke Puskesmas yang dituju untuk vaksin ke-3 (booster) Moderna. Fyi, kerjaan saya termasuk tenaga penunjang medis ya. Spesifiknya kacung kampret-lah gitu. Saat datang langsung mengisi form pasca vaksin pertama dan kedua. Apakah ada keluhan seperti alergi, komorbid, penyakit susulan, dan lainnya. Lalu lanjut ke screening, tensi darah dan wawancara sedikit terkait kondisi tubuh yang dirasakan sebelum vaksin. Tinggal suntik deh, Alhamdulillah berlangsung cepat dan gak sakit. Selesai vaksin, kita didata kembali oleh Dokter yang bertugas, diinfo KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dan diberi parasetamol.

Selesai vaksin, saya langsung pulang. Sebelum vaksin, saya memang sudah tanya ke beberapa teman yang sudah vaksin booster duluan. Apa saja yang mesti disiapkan? Apa saja kemungkinan efek yang mungkin terjadi atau dirasakan? Dan seterusnya. Saya sudah persiapkan semuanya bahkan mental juga sudah siap diri kalau-kalau yang terburuk terjadi. Meskipun kita pasti berharap gak ada efek yang gimana tapi hei!! Ini hidup, gak bisa terduga. Bukan lagi main The Sims yang bisa kita atur semuanya sesuka kita. Maka harus siap untuk segala kemungkinan bahkan yang terburuk sekalipun. Jadi saya siapkan beberapa obat dan penunjangnya di foto di bawah ini.

Penunjang KIPI

Saya gak akan jelaskan spesifik karena saya bukan Dokter. Hanya sekedar ingin berbagi pengalaman KIPI pasca vaksin booster. 5 jam pasca vaksin, bekas suntik mulai nyut-nyut an. Tempel-lah itu pereda demam yang untuk bayi yang sebelumnya sudah saya siapkan stok-nya disimpan di kulkas bawah. 10 jam pasca vaksin, bekas suntik mulai bengkak-wow-mantap rasanya gitu deh. Bolak-balik ganti si pereda demam untuk bayi semalaman, badan mulai terasa gak enak. Saya pun belum langsung minum obat. Akhirnya baru bisa tidur jam setengah 3 pagi dan bangun subuh. Hari ke-2 pasca vaksin saya nyatakan tepar banget, aslik! Akhirnya rebahan seharian. Pas azan Zuhur karena semakin buruk kondisinya, saya minum panad*l merah dan ne*robion. Sore – malam merasa sedikit lebih baik karena selera makan udah balik. Hari ke-3 pasca vaksin, bangun disertai demam. Si bocah ukur suhu tubuh kok 38 koma sekian. Lari lah dia bikin laporan trus datang bawa teh manis hangat dan obat yang sudah dinaikan dosisnya. Saya pun go food sarapan, pokoknya yang saya lagi pengen makan aja, supaya ada makanan masuk.

Alhamdulillah Ashar di hari ke-3 pasca vaksin Saya nyatakan sudah kembali pulih. Kenapa bisa bilang begitu? Karena udah bisa ngomel pas tau tugas bocah di Jumat – Sabtu mesti diupload tapi masih ada yang belum beres karena si bocah ‘berceceran’. Senin saya sudah aktivitas seperti biasa. Saat saya tanya 2 teman kantor lainnya, mereka bilang KIPI gak terasa apa-apa. Jadi yang saya share di sini betul-betul subyektif ya. Tidak pasti selalu setiap yang habis vaksin booster pasti akan seperti saya. Banyak juga yang baik-baik saja. Mungkin kemarin itu pas aja imun saya lagi jelek.

Kartu Vaksin baru

Intinya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan KIPI. Buktinya vaksin pertama dan kedua saya tidak ada KIPI sama sekali. Vaksin ketiga (booster) baru tepar. Bukan sebagai acuan tapi ada loh efek seperti saya kemarin. Oh ya, kita juga dapat kartu vaksinasi baru, ditulisnya vaksin ke-3, juga dapat serifikat yang sudah langsung muncul 2 jam pasca vaksin di aplikasi peduli lindungi. Apakah trus mau jalan-jalan ke Mall? Saya masih parno, rumah-kantor rumah-kantor aja tiap hari. Cupu-lah pokoknya. Kamu udah  beres vaksin belum? Yuk ah, diberesin.

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Vaksin ke-3 (booster): Moderna

    1. Normal banget ada KIPI. Bener banget, booster vaksin flu. Ini juga jadi concern aku ke anak < 12 tahun yang belum dapat vaksin covid. Semoga sehat2 untuk kita semua ya. Aamin ya rabbal alamin.

      Like

  1. alhamdulillah udah ok lagi ya. mudah-mudahan mampu meningkatkan antibodi seperti yang diclaim mereka yaaa, aamiin yra…. tetap semagat dan selalu sehat 💪🏻

    Like

    1. Alhamdulillah sudah normal kembali. Semoga ya semakin bagus antibody nya. Orang masih pada gantian masuk, aku kan masuk terus. Jadi ya tuntutan deh mesti sampe 3 kali vaksin. Sehat2 selalu juga untuk Mbak Kayka. Aamin ya rabbal alamin.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: