Pengetahuan tentang Musik

Si emak rempong ini bukan mau sok-sok an jadi kritikus musik. Boro-boro, main alat musik juga gak bisa, nyanyi juga sember. Tapi saya suka mendengarkan musik. Sejak jaman kaset, CD, DVD, sampe sekarang. Pengetahuan musik saya dimulai saat SMP, saat sekolah mengizinkan lagu Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) di tiap hari Jumat itu diganti dengan lagu lain. Trus yang saya ingat diganti dengan Friday I’m in Love nya The Cure dan Kembali ke Sekolah nya Sherina. Tapi yang memang klimaks dari pengetahuan musik saya itu ya pas SMP, SMA dan kuliah gak se-greget SMP. Entah kenapa. Tapi dari yang saya ingat, kembali lagi karena saya short term memories. Pengetahuan tentang musik saya dapat dari:

Radio. SD sampai SMP itu saya naik mobil jemputan sekolah. Jadi kan mobil jemputan itu muter-muter dulu ke beberapa komplek perumahan yang satu area. Mobil jemputan dulu nyetelnya radio pr@mb0rs. Jadi tiap berangkat dan pulang sekolah pasti denger musik dari radio mobil jemputan. Kalo pas lagu yang lagi hits, kita nyanyi bareng sejemputan. Haha.

MTV (Music Television) adalah salah satu channel di Televisi pada masanya. MTV itu lumayan lama bertahan, sejak SMP sampe kuliah. Gak hanya musiknya tapi program lainnya pun seru, misal MTV Bujang kecintaanku. Bahkan saat kuliah, selesai kelas dan lagi nongkrong di kantin, jurnalis MTV suka izin wawancara mahasiswa untuk sekedar minta opini tentang musik atau testimoni program mereka.

Pensi (Pentas Seni). Wow ini gilak banget sih. SMP sampe SMA itu adalah masa kejayaan pensi. Mulai dari SMA baik Negeri dan Swasta. Berlomba-lomba untuk menggelar pensi terakbar. Saat itu jamannya ska, brittpop, R&B, etc. Apakah selalu sama genk? Tentu sajaa. Saat kuliah tentu saja acara musik kampus tak terlewatkan. Tapi paling hebat, acaranya anak FE, jazz goes to campus. Trus juga java jazz dan lainnya.

Untuk konser musik sendiri saya tidak terlalu gandrung sih, biasa saja. Genre-nya sendiri saya tidak mengkotak-kotakan. Dari sobat ambyar sampai rock juga saya suka. Balik lagi lagu yang saya suka biasanya selektif juga. Haha. Hidup kok penuh selektif banget. Saya sendiri juga gak tau. Musik yang cocok di saya biasanya sepanjang masa tuh. Ada musik atau lagu yang memorable? Pasti ada, apalagi jaman muda kan. Kalo sekarang udah gak terlalu mengikuti perkembangan musik lagi. Senyantolnya aja di telinga saya.

Musik yang bagus itu kan sepanjang masa, mirip-mirip gitu jugalah selera musik saya. Ciyeee. Kalau ada yang pernah lihat selebgram memparodikan nyanyi-nyanyi di mobil kayak orang gila. Itu gue bangett. Haha. Bukan penyanyi kamar mandi. Karokean juga suara sember, main alat musik juga gak bisa, buta not balok, jadi menikmati musik yang ada ajalah. Kalau kamu suka genre musik apa? Pengetahuan musik kamu sekeren apa?

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Pengetahuan tentang Musik

    1. toss. Semakin tua udah gak bisa lagi ambisius ngikutin musik terkini kayak pas masih muda dulu, Mbak Kayka. Jadi beneran senyantolnya aja kalo lagu baru. Segala k-pop kalo pas enak lagunya ya nyantol. Apalagi kalo lagi buat Teona dance ala ala. Haha.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: