Posted in Uncategorized

Legalisir ijazah & transkip nilai di UI

Buat alumni angkatan tua kayak saya, keperluan melegalisir tentu kayak “hadeuh pe er banget”. Masalah utama tentu waktu, tapiii dengan kecanggihan teknologi juga sistem yang lebih teratur dan efisien. Legalisir jadi lebih mudah. Yeay! Langkah awal, bisa klak klik di HP dulu nih. Masuk ke website: yandok.ui.ac.id merupakan website layanan dokumen akademiknya UI. Login pemesanan dulu yaa. Pake Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang ada di Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Tapi lupa euy nyimpen KTM-nya di mana. Jadi liat NPM di ijazah ajah. Trusss, klik registrasi pemesanan. Klik pilihan sesuai kebutuhan kita. Sampai situ cukup sih. Namun kalau perlu info tentang pembayaran dan lainnya. Bisa dibaca lebih lanjut biar lebih paham alurnya.

Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu (PPMT)
Sentra Informasi & Pelayanan Publik

Langkah kedua, verifikasi dokumen (tidak bisa diwakilkan) tentu datang langsung ke UI Depok *yaiyalah. Bisa pake commuterline, transjakarta, ojol. Bebaslah. Tiba di Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu (PPMT) yang berlokasi di belakang Rektorat. Bisa datang di hari kerja dan jam kerja. Iyaah, mesti cutiii. Sistemnya kayak layanan di bank, ambil nomor antrian, trus nunggu dipanggil. Udah verifikasi dokumen nih, lanjut fotokopi dokumen yang berada di lokasi yang sama trus gratis! Setelahnya kita dapat slip berupa tanda terima verifikasi dokumen. Bisa langsung bayar di ATM, kebetulan di tempat yang sama pun tersedia ATM. Simpan bukti bayar beserta slip tadi. Udah deh pulang. Gak sampai 15 menit prosesnya, 10 menitan gitu deh. Lama di perjalanan pergi pulang. Haha.

Ruang tunggu PPMT
Tanda terima verifikasi dokumen

Prosesnya 7 hari kerja, bisa diwakilkan. Jadi bisa nitip buat ambil legalisirannya yang penting bawa slip dan bukti bayar. Tarif legalisir masih sama dari dulu sampai sekarang. Untuk yang lupa (lebih ke short tine memories sih) kayak saya, PPMT tuh dulu pas kita baru masuk ukur jaket kuning (jakun), ambil KTM, dll. Trus pas lulus, kita ambil toga pun di situ. Buat alumni jaman purba pun sistemnya sama ya, pas bokap perlu juga bisa tuh dengan cara yang sama meskipun berbeda fakultas. Senangnyaaa. Gak perlu repot bolak-balik. Bisa ngejar waktu kalau ada keperluan lain, karena cepat gak pake lama. Kenapa pake dibuat postingan? Kali aja ada yang gak tau sebelumnya kayak saya. Bahkan clueless, gimana sih cara legalisir jaman sa’iki? Semoga bermanfaat yaa πŸ€—

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

3 thoughts on “Legalisir ijazah & transkip nilai di UI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s