Posted in Teona

Usia mental tidak selalu sama dengan usia harafiah

Pernyataan darimana itu? Dari saya! Kenapa begitu? Karena sejatinya manusia usia tua / dewasa / senior tidak selalu berarti dia lebih bijak, lebih dewasa, atau bahkan lebih mengalah. Seharusnya bijak tapi masih mengedepankan ego. Sudah tua dalam arti sebenarnya tapi tidak dewasa. Bahkan bersikap mengalah saja merasa diri jadi hina. Masa sih ada? ADA! Tentu ada sebab manusia bisa jadi begitu. Aahh, ngeles aja kayak bajay. Udah aja akui kalau memang tidak tangguh dalam arti sesungguhnya. Semakin tua, tuntutan hidup semakin banyak. Itu sudah alami begitu. Ngapain nuntut, siapa elo? Duhh, memang sudah sepantasnyalah lebih tua itu lebih segalanya apalagi urusan mental. Kecuali elo ada gangguan mental.

Qadarullah, tahun ini angka kita mirip. Tapi kita saya sih gak bisa dan gak mau dimirip-miripin lho ya. Sebagai yang lebih muda, saya harus dikalahkan / terpaksa mengalah pada yang lebih tua. Wis rapopo. Gusti Allah mboten sare. Insya Allah diparingi rezeki, barokah dunia akhirat insya Allah. Apakah usia mental terkait dengan generasi kolonial, milenial, dll. Tentu TIDAK. Mau lo generasi purba sekalipun, kalo bijak ya bijak aja, manja ya manja aja. Yang membedakan MENTAL Anda. Meskipun saya bukan psikolog hanya seorang pemerhati manusia sekitar. Tetep aja rasanya itu seperti logika dasar gak sih. Mau lo tua, keren, pinter kalo mental lo cemen ya cemen aja.

Usia kita gak ada yang tau, karena mati tidak harus menunggu tua. Afterall, sugeng ambal warsa Frany. Ditebihno ing sambelaka, dilambari bungahi ati dedonga, mugi tansah pinaringan sih rahmatipun Gusti Allah swt. Greeting and praying for myself is not sin. Allah paringi kesehatan lahir batin, keselamatan dunia akhirat, cukupkan dengan rezeki yang manfaat. Aamiin. Keep on going, keep on learning, keep on fighting. Berkurang usia pastinya dituntut mengisi sisa usia dengan produktif, semakin dewasa, dan bijaksana. Insya Allah 💪 💪

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.