Posted in Uncategorized

PTS & rapor mid semester

Buat saya pribadi, ini pengalaman pertama. Masih trial error, masih meraba-raba, masih yang ini bener gak sih metode gue? Gitu-gitu. Sebelumnya PTS itu Penilaian Tengah Semester alias UTS. Namanya ujian tengah semester trus anak kelas 1 SD pula. Mungkin buat ibu-ibu lain yang udah pengalaman, antara “halah, gampang begitu doang” sama “sudahlah saya serahkan pada guru les privat”. Kalo saya gak tipe dua-duanya, hahaha. Bingung juga ya. Secara saya kuli merangkap semua kan ya: ART, supir antar jemput, tukang masak, tukang ngomel, dsb. Jadilah saat PTS, saya jadi guru les dadakan. Buat yang follow saya di instagram, pas PTS igstory saya sering banget tentang gimana cara belajar versi saya. Belum bisa jadi panutan dan gak tau bener atau salah ya. Benar-benar sesuai kemampuan saya disesuaikan dengan kemampuan Teona.

Karena dalam sehari ada 2 mata pelajaran. Cara saya bisa dikategorikan konvensional cenderung primitif. Saya pakai 2 metode:

  1. Mengerjakan soal yang saya buat dengan tulisan tangan saya. Jadi saya baca dulu yang dipelajari selama setengah semester di pelajaran tersebut. Bagian akhir kan ada soal yang sudah dikerjakan di sekolah. Itu saya salin dengan metode acak nomor ditambah soal yang saya buat sendiri. Kenapa gak difotokopi? Kan saya mau acak soalnya lagipula udah diisi juga sama si bocah. Kenapa gak diketik aja? Tujuan saya ‘merangsang’ Teona agar tulisannya lebih rapi dan jelas. Sepele dan receh ya. Hehe.
  2. Kuis. Selesai ngerjain soal yang saya buat, biasanya baca ulang sambil saya beri pertanyaan dan dijawab tidak boleh lebih dari 5 detik. Di mana-mana ujian pake waktu kan ya.

Tiap selesai PTS, pas jemput saya tanya “bisa gak ujiannya?” Trus dijawab, “masa banyak yang soalnya mirip sama yang ibu buat loh” 😑 Pelajaran yang susah menurut saya dan menurut Teona beda. Tapi ya sudahlah, toh dia juga yang ujian. Saya kan hanya bantu aja. Tiba saat ambil rapor. Baik ibu dan bapak wali kelas memberi respon positif untuk akademiknya. Tapi penilaian di sekolah tidak hanya sebatas akademik tapi juga ada komponen penilaian lainnya. Kesimpulan saya sih, metode belajar saya cukup efektif. Tapi belum tau kalau mata pelajarannya makin susah gimana nih. Artinya metode belajar ala saya ini masih level dasar. Pe er saya masih banyak dan masih buanyak juga yang perlu saya perbaiki. Gimana dengan metode belajar ala kamu?

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “PTS & rapor mid semester

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s