Pendidikan Sholat Idul Fitri 2019

Setahun berlalu, cerita tahun lalu ada di sini. Tahun ini pelaksanaannya sedikit berbeda. Terkait dengan isue kerusuhan ketidakpuasan pemilu. Dikhawatirkan massa sudah banyak berkumpul. Meskipun Pendidikan Sholat Idul Fitri 2019 diselenggarakan 21 Mei 2019. Namun KPU sudah mengumumkan dini hari. Saat datang pagi-pagi ke sekolah, memang ada massa tapi gak yang rame buanget. Trus kakak MI (setara SD) baru pada pulang selesai MABIT (Malam Binaan Iman dan Taqwa). Sementara KB – RA baru pada datang untuk sholat ied. Kalau tahun lalu diadakan di luar sekolah, ceritanya di tanah lapang. Tahun ini diadakan di dalam sekolah.

Pendididikan Sholat Idul Fitri 2019

Kami menempati tempat sholat sambil mengumandangkan takbir. Sholat ied dilakukan sesuai aturan kemudian dilanjutkan ceramah oleh perwakilan salah satu orang tua murid. Setelahnya guru memberikan pendidikan makna sholat ied dan penunjangnya. Penunjang di sini, ketupat dan teman-temannya. Yaitu opor ayam. Kalau di Jakarta atau Pulau Jawa pada umumnya. Menu lebaran itu ketupat, opor ayam, sambal goreng (bisa ati ampela, kreni: daging giling dibulet-buletin, dan lainnya sesuai selera). Sebelum pulang, anak-anak diberikan medali karena sebagian besar anak-anak RA memang sudah berusaha menjalankan ibadah puasa, baik setengah hari ataupun full sampai maghrib. Juga anak-anak sudah bangun subuh untuk dapat melaksanakan sholat idul fitri tanpa drama. Medali tsb sebagai reward. Juga dapat box yang berisi satu ketupat, opor ayam, dan kerupuk udang. Gak untuk dimakan saat itu juga, tentu menunggu saat berbuka. Hehe.

Ceritanya menu lebaran

Ini jadi Pendidikan Sholat Idul Fitri terakhir sebagai anak TK. Diharapkan masuk SD nanti ya sudah bisa menjalankan ibadah (sholat, puasa, mengaji) dengan baik dan benar. Insya Allah. Lalu sejak kemarin sudah mulai libur lebaran. Libur dimajukan, lagi2 ya terkait hasil pemilu. Kemarin Jakarta sepiii. Yang rame yang pada demo sih. Saya memang sengaja tidak mengikuti berita di TV. Standby HP untuk pantau kerjaan dan nonton drakor. Begitu seharian sampai akhirnya WA dan medsos (IG & FB) down. Akhirnya menjelang sore melupakan HP sampai sahur tiba. Baru ON lagi katanya jam 11an malam. Skeptis amat? Saya ngurusin hidup saya aja udah ribet, males ngurusin orang/pemimpin yang saya kenal pribadi juga enggak, saudara juga bukan. Sudahlah, perbaiki diri sendiri saja dan keluarga. Jadi jangan berharap saya fanatik ke satu kubu. Mbuh ra weruh. Have a great day, people πŸ˜‰

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

6 thoughts on “Pendidikan Sholat Idul Fitri 2019

  1. Assalaamualaikum wr.wb, mbak Farany Fatmaningrum….
    Apa khabar ? Didoakan mbak sekeluarga dalam lindungan Allah SWT dan sihat sejahtera. Alhamdulillah, dapat kembali berkunjung kemari. Maaf ya, sejak pindah kerja ke lokasi lain, saya jarang sudah menulis di blog dan mengunjungi mbak juga sahabat lain. Insya Allah ingatan tetap di hati.

    Alhamdulillah, kini Teona sudah besar ya, tidak terasa. Akan masuk SD tahun hadapan. Mudahan banyak pengetahuan yang diperolehi di TK akan menambah ilmu Teona dalam meniti pelajarannya di TK kelak. Malah saya kagum dengan aktivitas di TK yang begitu menitik beratkan pendidikan Islam di usia dini. Begitu juga sokongan ibubapa dalam aktivitas yang dilaksanakan oleh pihak sekolah.

    Setiap kebaikan yang diberi dengan sepenuh hati pasti dampaknya amat besar dalam kehidupan anak-anak kita saat meniti usia dewasanya. Saya doakan Teona menjadi anak solehah dan menjadi kebanggaan orang tuanya. Aamiin.

    Selamat berpuasa, mbak dan tidak lama lagi kita akan meraikan hari kemenangan.
    Salam Ramadhan al-mubarak dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

    Like

    1. Waalaikumussalam wr.wb Bu Hajjah Fatimah.
      Alhamdulillah kabar baik dan sehat. Semoga ibu sekeluarga pun dalam keadaan baik, sehat, & dalam lindungan Allah swt. Aamiin.

      Subhanallah, terima kasih banyak doa baiknya untuk Teona. Mudah-mudahan Allah ijabah.

      Mohon maaf lahir dan batin bila selama ini saya ada salah & khilaf. Salam hangat dari Jakarta πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s