Kewenangan

Tiap manusia dalam hidup pasti punya kewenangan. Ibu rumah tangga diberi Allah kewenangan memelihara rumah tangga dan anak-anak. Kemudian pegawai atau yang menjalankan profesi lepas pun punya kewenangan. Ada gak manusia hidup yang tidak punya kewenangan? Saya rasa tidak ada. Minimal memiliki kewenangan terhadap dirinya sendiri.

Kewenangan pasti ada pertanggungjawabannya dunia akhirat. Apalagi kewenangan yang bersifat merekomendasikan bahkan menentukan/memutuskan nasib orang.

Tentu saja tidak yang serta merta orang diberikan kewenangan seperti yang saya sebut di atas. Pasti ada kompetensinya juga dianggap berkapasitas untuk memikul beban kewenangan tersebut. Bila kewenangan itu dijalankan dengan baik, sesuai aturan, menggunakan akal pikiran, dan hati nurani. Tanpa mengindahkan segala hukum yang berlaku, insya Allah diberikan reward di dunia tapi juga ganjaran pahala untuk bekal di akhirat. Tapi bila kewenangan tsb dijalankan tidak sesuai yang saya sebut di sebelum ini. Misal karena berpihak pada pihak tertentu atau adanya bentuk penyuapan atau adanya kepentingan tertentu. Dengan hal tsb menjadikan salah satu pihak terdzalimi dan sudah pasti menjadikan pihak lain menjadi pihak yang dzalim. Naudzubillahi min dzalik.

Alhamdulillah saya belum pernah di posisi yang sampai harus menentukan ‘hidup mati / keberlangsungan hidup orang lain’ insya Allah. Entah ya, seingat saya belum pernah dan jangan sampai. Tapi bila ketika kewenangan itu ada di saya, memberikan rekomendasi keberlangsungan nasib orang lain. Baik sendiri atau dalam grup. Semoga Allah menjaga saya untuk dapat menjalankan kewenangan yang memang dapat dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Misaalll sampai saya salah menjalankan kewenangan tersebut, saya harap pertanggungjawabannya dapat ditanggung saat di dunia saja. Aamiin, mudah-mudahan. Namun bila saya pihak yang benar tapi direkomendasi atau bahkan diputuskan bersalah. Semoga jadi penggugur dosa-dosa saya. Sebaliknya bila saya pihak yang salah tapi dinyatakan benar. Semoga Allah memberikan rahmat & hidayahNya agar saya menyadari untuk menerima kesalahan, berjuang memperbaiki, agar tidak mendzalimi orang lain. Kalau kamu sendiri, pernah gak memikul kewenangan yang cukup berat?

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

One thought on “Kewenangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s