Posted in Uncategorized

Cita-cita anak jaman sekarang

Masih related dengan post sebelumnya, saat ceremonial wisudawan kan dipanggil satu per satu. Trus disebut cita-citanya apa. Kalau jaman dulu saat ditanya, “cita-citanya mau jadi apa?” Anak-anak jawabannya standar: guru, polisi, dokter, pedagang, dan seterusnya. Zaman berkembang, lapangan kerja pun tidak lagi sebatas profesi umum yang saya sebut tadi. Saat saya kecil, sudah banyak teman yang bercita-cita jadi pengacara, penyanyi, pembawa acara, koki, pengusaha, dan lainnya. Saat acara wisuda kemarin, ada beberapa cita-cita yang menarik perhatian saya. Mungkin anak sekarang udah bisa lebih spesifik menjelaskan cita-cita mereka, seperti: dokter kecantikan, guru tari, designer, pastry chef, dan lainnya. Tidak semua yang saya anggap menarik sempat saya ambil gambarnya. Tapi ini beberapa yang saya ingat dan mendapat antusias pemirsa seperti:

Youtuber

Ini ada beberapa anak yang cita-citanya menjadi youtuber. Emang lagi hits ya kan, semacam kayak selebgram, vlogger, atau influencer. Profesi ini tentu saja menarik, berkaitan dengan kreativitas. Anak-anak jaman sekarang pun memang menyukai content kreatif kan.

Cinematografer

Ada juga yang mau jadi movie maker. Sama hal nya seperti profesi sebelumnya yang saya sebut, menarik untuk anak-anak yang hobi nonton ke bioskop lihat film dari sisi artistik dan lainnya. Bikin mereka tertarik untuk membuat hal tersebut.

Programmer

Dunia digital dan mutimedia pun pasti tidak luput dari perhatian anak-anak. Makanya ada jurusan informasi teknologi (IT). Profesi ini pun mulai booming bersamaan dengan berkembangnya dunia media sosial.

Dirut BI (Bank Indonesia)

Ini bisa jadi terinspirasi dari anggota keluarga, biasanya sih gitu. Profesi ini tidak hanya berat namun juga menjadi sorotan ya kan. Kepikiran aja tu anak mau jadi dirut BI.

Pasukan pembebasan Palestina

Ini mendapat applause paling heboh dan teriakan “Aamiin” yang membahana dari semua hadirin yang hadir. Seorang anak yang pasti tersentuh hatinya melihat saudaranya terdzalimi lahir batin. Saya aja amazed dan terharu loh. Subhanallah. Bisa kepikiran punya cita-cita semulia itu 👍😍

Masih banyak profesi lainnya yang unik dan menarik. Yang bikin orang tua murid tercengang bangga dengan cita-cita anak-anak jaman sekarang sungguh semakin banyak ragamnya. Alhamdulillah, menunjukkan kalau dengan majunya jaman tapi tidak melupakan nilai luhur dan mulia. Sebetulnya cita-cita saya gak kesampean, yaitu jadi orang yang kerja di kedubes. Kenapa gitu? Gak apa-apa. Menurut saya seru. Meskipun jalan hidup saya bukan di situ tapi jadi kuli dan IRT. Sing penting halal lan barokah tho. Kalau kamu apa cita-citamu dulu?

Author:

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

17 thoughts on “Cita-cita anak jaman sekarang

  1. cita citaku dulu jadi arsitek, trus kuliah nyemplung di sipil. kerjanya kecebur di tempat lain yg berhubungan sama arsitek dan sipil :))))

    btw, itu cita cita temennya kak Teona widih juga ya. semacam youtuber gitu.

    Liked by 1 person

  2. Dari kecil selalu ditekankan untuk jadi dokter atau apoteker. Tapi dari segi kemampuan aku tak mampu. Haha..
    Dari SMP sudah kepikiran jadi Psikolog. Belum jadi Psikolog sih, masih Sarjana Psikologi. Sekarang kerja jadi Guru Pendamping Khusus masih sesuai bidang, yg salah satu kerjaannya konseling wali murid perkembangan anak. 😄

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s