Posted in Uncategorized

Idul Adha 2018

Qurban di masjid komplek orang tua saya

Mengingat buat saya dan suami libur idul Adha hanya tanggal 22 Agustus. Sementara Teona libur 21, 22, 23 Agustus dan orang tua saya sibukkk. Daycare kantor bapaknya Teona dapat diandalkan. Kami sholat ied di masjid dekat sini dan bertemu dengan beberapa atlet perempuan dengan seragam training Indonesia. Rasa pengen semangatin mereka tapi ceramah belum selesai mereka buru – buru cabut. Asian games kan gak kenal hari raya muslim. Jadi yang penting ikut sholat ied trus cabut berlaga di kompetisi. Salut. Selesai sholat, saya yang lagi malas masak ini. Meluncur ke rumah orang tua saya buat makan ketupat,opor ayam, dan sambel goreng krecek dongs. Gila aja lebaran tanpa ketupat = nothing. Sementara Teona, adik saya yang cowok, dan bapak saya ke masjid komplek kami untuk lihat penyembelihan hewan qurban. Saya gak ikut? Enggak, saya pilih dikerokin ibu saya *manja. Ini tahun kedua Teona lihat langsung penyembelihan hewan qurban. Gak takut? Ya enggaklah. Kan sebelumnya diedukasi dulu juga dari sekolah makna dan mengapa wajib berqurban bagi yang mampu. Samalah seperti berhaji untuk yang mampu. Intinya menjalankan yang diperintah dan menjauhi larangan Allah. Konsep berbeda agama bahkan tidak bertuhan sekalipun sudah kami kenalkan sejak dini. Dari contoh beberapa sahabat dekat saya. Berbeda tapi tetap bisa bersahabat.

Pendidikan qurban di sekolah
Pendidikan qurban di sekolah

Di sekolah pun ada pendidikan qurban. Jadi anak – anak setiap hari membawa uang amal yang diperuntukkan untuk pendidikan qurban. Ini pun melihat hewan qurban disembelih langsung. Gimana kalo anak takut? Ya gak apa-apa. Wajar. Tapi jangan sampe kebablasan takut. Kalo semua muslim takut, gimana nasib penyembelihan hewan qurban kelak?! Sama hal nya dan pentingnya pendidikan sholat dan menyucikan jenazah. Betul, sepenting itu untuk umat muslim. Kenapa harus diajarkan sedini mungkin kan penyembelihan serem? Tentu saja melihat disembelihnya didampingi para guru sambil diedukasi donggg. Seperti tahun lalu Alhamdulillah saya lihat langsung juga dan gak ada masalah. Yang tahun ini saya gak ikut mendampingi karena ada acara dulu paginya. Tahun ini Teona udah jauh lebih mengerti, kalo ditanya, “takut gak lihat sapi disembelih?” Jawabnya, “enggak, kan insya Allah nanti kita ketemu di surga.” Good girl!

Membungkus daging qurban
Teona and her best friend

Selain membaginya ke yang berhak, anak – anak pun dibagikan jatah daging qurban. Malah anak – anak sendiri yang memasukkan daging qurban ke plastik yang disediakan. Belum go green, semoga kedepannya bisa pake besek atau daun pisang untuk membungkus daging qurban. Mbak ART saya sempet tanya, “yang berqurban juga dapet ya, Bu? Kemarin ada yang dapet 4 kilo karena berqurban.” Saya jawab, “yeee, gila aja kalo 4 kilo. Yang berqurban dapetnya ya secukupnya aja, kalo 4 kilo namanya bukan qurban.” Ada yang anti mengkonsumsi daging qurban, kalo saya tipe yang santai. Selama memang hak kita dan tidak mengambil hak orang lain apalagi dhuafa. Jadi pendidikan qurban Teona tahun ini lebih komplit dibanding tahun lalu insya Allah. Gimana cerita penyembelihan qurban kamu?

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

6 thoughts on “Idul Adha 2018

  1. met hari raya haji tuk frany & keluarga. teona pinter deh gak takut yaaa 👍😇 salut deh mmg harus dilatih dari kecil utk generasi selanjutnya…

    Like

  2. Penyembelihan tahun ini di dekat rumah saya cukup seru mba, sapi nya jumlahnya bertambah dibanding tahun lalu hehehe, entah kenapa adik saya yang berumur 4 tahun jadi takut liat sapi di potong, padahal tahun kemarin dia berani.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s