Pendidikan Manasik Haji 2018

Ini kali kedua Teona mengikuti pendidikan manasik haji, setelah sebelumnya saat TK A ikut untuk pertama kalinya di sini. Jadi tahun ini lebih kebayang, persiapannya juga udah paham mesti nyiapin apa aja. Tentu untuk anak muslim: kain ihram, kantong jumroh, dan batu jumroh. Sementara anak muslimah: pakai baju putih – putih (seragam sekolah), kaos kaki putih (menutup aurat setelah jilbab), kantong jumroh, dan batu jumroh. Saat lagi riweuh minggu lalu, disempetin juga bikin itu batu jumroh. Kantong jumroh beli di minimarket punya sekolah. Seperti tahun lalu, pendidikan manasik haji diikuti mulai Kelompok Bermain – Raudhatul Athfal – Madrasah Ibtidaiyah – Madrasah Tsanawiyah – Madrasah Aliyah.

Batas orang tua untuk dokumentasi

Mendekati hari H saat gladikotor dan gladiresik, batpil melanda. Hadeuh. Dengan kekuatan obat melalui alat nebulizer dan obat yang diminum. Ditambah paksaan dari saya untuk istirahat alias tidur siang karena kadang membangkang juga nih anak. Dibumbui dengan baluran brambang parut. Alhamdulillah, di hari H udah lumayan fit meskipun ada aja drama-nya 😑 *emaknya sampe serak nertibin ini anak dan butuh ngeluruske boyok juga. Anak – anak mengawali lempar jumroh terlebih dahulu. Kemudian thawaf yang gak sampe 7 kali, hihi. Trus berdoa di hijr Ismail dan maqom Ibrahim. Lalu duduk di area yang ditentukan untuk minum air zam-zam dan kurma. Kemudian sa’i antara bukit Safa dan Marwah. Tentu saja ala-ala ya. Lanjut tahalul trus foto sekelas/sekelompok/sekloter.

Ceritanya Thawaf
Pendidikan Manasik Haji
Ceritanya Sa’i

Pengamanan jalannya Pendidikan Manasik Haji tahun ini jauh lebih ketat dibanding tahun lalu. Sebenarnya dimaksudkan untuk kelancaran proses agar tertib juga sih. Jadi dimaklumi. Trus gimana kesan anaknya setelah ikutin ini? Katanya, hatinya senang dan udah lupa tuh kalo paginya sempet mewek *dasar bocah. Kesan ibunya? Lumayan sunbathing ya kan 1,5 jam. Tapi gak apa – apalah, setahun sekali ini. Oh ya, selalu menggemaskan lihat anak 2-3 tahun (kelompok bermain besar dan kecil) mengikuti proses ini. Doa spesifik masih istiqomah setiap tahun : Semoga insya Allah bisa beneran berhaji sekeluarga. Aamiin ya robbal alamin. Selamat Jumat barokah dan menyambut akhir pekan 💛

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Pendidikan Manasik Haji 2018

      1. Klo kluar kota aku mmg suka datengin mesjid kebanggaan kota tsb mb. Apalagi jkrt disempeetiin banget pulang dr situlembang ke istiqlal cuma solat zuhur. Baru sekali itu sih.. Makanya pingin lagi 😊

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: