Pecinta Teh

Bukan post berbayar, murni pengalaman pribadi.

Pulang mudik dan setelah belanja bulanan. Saya baru menyadari bahwa saya termasuk pecinta teh juga ya. Kemana aja baru sadar? Selama ini gak ngeh. Saat lagi catetin apa aja yang habis, trus lihat jar teh celup dan teh bubuk yang kosong. Teh celup biasanya dipasangkan dengan gula pasir buat si bocah juga dengan gula diet buat saya. Teh bubuk dipasangkan dengan gula batu. Biang teh bubuk diseduh di teko tanah liat, satu set dengan cangkir tanah liat pemberian ibu oleh – oleh saat singgah di Tegal / Brebes sepulang mudik entah tahun kapan, 5 tahun yang lalu mungkin. Trus kenapa mesti ada teh celup dan bubuk? Saya suka keduanya. Teh celup saya suka merk prendjak dan dandang. Sementara teh bubuk lebih beragam yang saya suka campur, seperti : gopek, cap botol, tong tji, poci, dan dandang.

Selain gak ngeh sampe punya 2 jenis teh, celup dan bubuk. Saya pun ternyata dikit – dikit nge-teh. Pusing atau mual melanda, bikin teh hangat. Saat diare, bikin teh pahit kental. Teh bubuk pun terkenal dengan slogan : “wangi, legi, kentel” alias wangi, manis kental. Kadang saya pun suka teh tawar hangat atau teh, gula, dan sedikit perasan jeruk nipis. Paling jaraang es teh manis ataupun tawar. Judulnya teh anget ajah. Saya juga udah coba merk teh lain seperti teh mint, chamomile, dan lainnya. Tapii dasar lidah ndeso, teh lokal menurut saya lebih otentik rasanya. Kalo di Hotel biasanya teh merk Dilmah atau Lipton, masih okelah buat saya. Teh yang manis banget sebisa mungkin saya hindari, saya lebih suka manisnya light aja.

Kalau sedang event atau seminar, saat coffee break. Sejak dulu pilihan pertama pasti teh hangat tawar / manis. Kopi saya biasa aja, paling cicip aja atau kalo lagi kepengen. Itu pun paling kopi robusta aja. Lebih ke teh lah pokoknya. Teh dalam kemasan pun sudah saya hindari, secara gulanya luar biasa ya kan. Kalo kepepet paling teh botol atau teh kotak. Jadi inget saat hamil, saya suka banget teh botol dingin yang di botol kaca, embunnya netes – netes diminum siang – siang. Suatu hari Obgyn yang sekaligus temen pas lihat saya cukup sering minum, sedang mesen teh botol dingin, ditarik sama dia trus dia minum dong 😭 Artinya, saya gak boleh minum, huhu. Kamu termasuk pecinta teh juga kah?

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

22 thoughts on “Pecinta Teh

  1. Aku dan suami ga suka ngeteh, ga suka ngopi. Pencinta air kran 😅 aku sukanya nyusu coklat. Itupun susu kedelai atau almond yang penting coklat. Kami di rumah ada persediaan teh dan kopi, buat tamu. Kalau minum teh botol kotak, sesekali kalau pas pengen banget dan lihat di toko oriental kalau pas belanja bulanan. Kalau suamiku sukanya daun mint sama jahe diseduh air panas. Minum itu tiap malam sambil nonton TV.

    1. Iya enaknya negara maju, air kran aja bisa langsung diminum macem di pegunungan.
      Daun mint sama jahe kayaknya seger juga. Aku pun pecinta minimum jahe – jahean. Kalo tradisional sih wedang ronde. Tapi yang selalu stock, minuman jahe instant esp jahe merah.

  2. Sejak di Sydney dan tinggal dgn hostfam yg pecinta teh melati tong tji, aku jd ikutan ngefans ama merk itu. Sempet berhenti ngeteh saat hamil B krn dianjurkan demikian oleh obgyn kesayanganku (dr Dyah). Tp pas hamil M sampe skrg, ngeteh manis sehari sekali dan seringnya dingin. Jd pas masih anget panas, diminum 1/3 gelas. Lalu sisanya masukin kulkas sampe ademmm, hehehe. Selama bulan puasa, hampir selalu berbuka dgn es teh krn segarnya masyaalloh…. dan aku cm suka 1 merk itu aja yaitu tong tji varian jasmine tea.

  3. Aku juga suka banget teh mbak Frany. Tp ya itu suka deh dalam kemasan. Zaman kuliah dulu segala macam teh kemasan aku coba :-)), ya ampun pantas badan ini gak oernah kurus ya 😛

  4. dulu saya suka banget teh botol dingin fran tapi stop stelah ketahuan diabetes. sekarang minum teh celup tanpa gula sekali atau dua kali sehari menghindari gigi semakin berubah warnanya 😀

  5. Aku paling suka teh tawar panas. Saban makan di warung/resto/kedai…pokoknya saban makan di luar rumah, pasti mesen minumnya teh tawar panas. Ketularan hobi ini ya dari suami sendiri hehe. Akibat keseringan minum teh tawar, begitu kena teh manis, walau gulanya buat orang lain standar, di lidahku udah berasa kemanisan banget.
    Zaman masih gadis demen teh botol sosro. Tiap habis makan siang bisa habis langsung 2 botol. Makin lama makin nyadar itu kebiasaan buruk, ketemu suami yang nularin hobo teh tawar, akhirnya ya jadi spt skr ini. Maaf kalo kepanjangan *sungkem

    1. Samaa, aku pun kalo gak teh tawar anget ya jeruk anget. Di luar gulanya suka gak kira-kira. Teh botol sosro emang juaraa, gak ada yang ngalahin deh. Belum panjang kok, hehe. Terima kasih sudah mampir 😃

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s