Pendidikan zakat fitrah & pendidikan idul fitri 2018

Hari ini adalah hari pertama libuurrr 1,5 bulan. Sekolah mengadakan pendidikan zakat fitrah dan pendidikan idul fitri di 2 hari terakhir sekolah. Untuk pendidikan puasa di sekolah, saya nilai : A. Mantap bikin Teona puasa selama 19 hari ini, 3 hari puasa full sampai maghrib, sisanya puasa bedug alias buka di saat zuhur dan lanjut berpuasa kembali hingga maghrib. Alhamdulillah semoga istiqomah. Apa ada paksaan untuk berpuasa? Gak ada. Saya mengajarkan seperti yang sekolah ajarkan. Teona puasa full sampai maghrib Karena terinspirasi 3 anak di kelasnya yang kuat puasa hingga maghrib juga kakak TK B yang mayoritas puasa full hingga maghrib. Subhanallah.

Semangat berpuasa

Untuk pendidikan zakat fitrah, sekolah minta ortu murid membayar zakat fitrah untuk anak sejumlah yang ditentukan. Kemudian anak – anak menyerahkan langsung ke anak – anak yatim piatu (beneran, kalo Teona bilang). Memang ada anak yatim piatu bohongan? tanya saya 😀 Saya bilang, tidak semua anak seberuntung Teona, oleh karena itu jangan pernah lalai dan jauh dari Allah. Karena segala nikmat dan rezeki kita dari Allah bukan dari manusia. Anaknya ngerti dinasehatin gitu? Semoga nyantol ya nasehat saya. Aamiin. Saya nilai dari ceritanya sudah lumayan mengerti dan saya pun bersyukur sudah diperkenalkan tentang zakat fitrah ini.

Pendidikan sholat idul fitri
Ceritanya mimbar
Kegiatan Ramadhan bersama keluarga
Salam-salaman setelah sholat ied

Lanjut pendidikan idul fitri, orang tua mendampingi untuk sholat ied. Serius?? Yess, kita puasa2 sholat ied demi anak tercinta. Begitu sampai, takbir berkumandang seperti lebaran beneran. Kita takbir menunggu sholat ied dimulai. Selesai sholat ied dilanjutkan ceramah. Pokoknya persis seperti lebaran beneran. Ada pengenalan ketupat dan terakhir dikasih ketupat beneran serta lauknya juga. Terakhir dapat medali tanda kenaikan kelas. Sabtunya baru terima rapor dan Alhamdulillah Teona naik kelas B (nol besar). Insya Allah kelebihan akan ditingkatkan dan kekurangan diperbaiki. Tak terasa ini minggu terakhir kerja sebelum cuti bersama libur lebaran ya. Pada rencana mudik kapan?

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s