Bukber keluarga (2) 2018

Kali ini edisi buka bersama (bukber) dari keluarga Ayah saya yang telah berlangsung belasan atau sekitar dua puluh tahun sejak saya masih TK atau SD. Pokoknya dari kami (saya dan sepupu – sepupu) masih kecil, makanya untuk segala rupa kepanitiaan acara pernikahan, susunan panitianya tinggal dituker aja, siapa yang lagi punya hajatan. Termasuk pernikahan saya dulu, orang tua pemangku hajat, maka susunan kepanitiaan tinggal disesuaikan. Gak pake pembubaran panitia, lha wong sudah begitu pakemnya. Susah, sedih, senang kami rasakan bareng – bareng. Meskipun ada juga saudara – saudara jauh yang gak gitu solid, hanya karena sama-sama tinggal di jabodetabek saja.

Foto yang sama, beda tahun. Hehe.

Karena sudah tradisi setahun sekali, bukber selalu dibikin spesial. Tahun ini ada cucu, kalau saya jatuhnya keponakan, berulang tahun yang pertama. Gak hanya keluarga dari sepupu saya (laki – laki) tapi keluarga dari pihak perempuan turut diundang. Selalu ada ‘fenomena’ bila ada keluarga besan bergabung. Hehe. Namanya juga beda asal – usul. Kalo keluarga besar saya mau dari pihak Ayah ataupun ibu, tipenya : seru, rame, kocak, apa adanya, seneng guyon. Jadi gak ada tuh istilah jaim, gengsi, bahkan kalo ada yang bilang : siap-siap kumpul keluarga ditanya kapan nikah, kapan hamil, dan seterusnya. Keluarga besar orang tua saya (yang solid ya) cenderung asik – asik aja. Kalo yang lain yah sami mawon sama kebanyakan keluarga lainnya. Rundown acara bukber sedikit berbeda. Biasanya buka bersama, sholat maghrib berjamaah, jeda bentar lanjut isya, tarawih, witir berjamaah. Namun jeda sampai lebih satu jam, karena ada acara ulang tahun pertama ponakanku dulu. Trus yang berbeda lagi. Selesai tarawih ada lomba makan kerupuk, guyon budeku : “ayo gek melu, mengko karo Pakde hadiahe @vanz@.” 😅😅😅 Walopun menang atau kalah tetap semua dapet hadiah di luar tehaer (THR) biasanya. Harap maklum foto-fotonya lomba makan kerupuk macem tujuh belasan.

Lomba makan kerupuk wanita estewe alias setengah tua 😅
Lomba makan kerupuk tim cowok
Lomba makan kerupuk bocah

Soal makanan, seperti tradisi : potluck. Mau cari makanan apa aja ada, mulai dari martabak, salad buah, bakwan Malang, serabi notosuman, nasi kebuli, nasi Bali, sate lilit, dimsum, es kunyit asam, wis poko’e komplit. Alhamdulillah. Sampai tradisi bungkus – bungkus pun tentu ada. Secara garis besar agendanya : silaturahmi, ibadah bersama, makan – makan, ngebahas acara halal bihalal, seru – seruan bareng, ngobrol, guyon, gak berhenti ngakak pokoknya. Ngomongin halal bihalal saya suka sedih. Karena sejak nikah saya mudiknya ke domisili mertua di Padang yang justru gak ada keluarga besar. Karena keluarga Papa mertua di Solo, pernah sekali lebaran ke Solo sekaligus bisa mampir ke Klaten dan Salatiga. That’s super awesome! ❤ Sayangnya, tahun ini mesti ke Padang yang mana kami belum beli tiket juga, nunggu bapaknya Teona balik dinas. Trus namanya pun di tempat mertua ya saya follower alias manut suami aja. Istilahnya bukan di ‘negara’ saya. Kalau kamu sama kayak saya atau punya cerita lebih seru?

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

9 thoughts on “Bukber keluarga (2) 2018

  1. Dr generasi buyutku, udah merantau meninggalkan Makassar sejak tahun 50an. Jd generasi Papahku rata-rata ya kelahiran Surabaya. Sampe skrg masih buanyak saudara di Surabaya. Klo bukber sih nggak ada acara (kecuali per-person yg mengadakan). Tp udah 10 tahun lebih, klo Lebaran mesti ada acara halal bi halal. Saking banyaknya yg datang, sampe kudu sewa ballroom hotel segala dah. Klo ga gitu, ga cukup tempatnya, hahaha.

    Liked by 1 person

    1. Podho, Mbak. Kalo keluargaku, kami punya semacam aula. Wong mbiyen omahe cedak2. Nah dibuatlah semacam aula, halal bihalal mesti di situ. Kalo keluarga bapakku yang bergantian, biasane yho sewa aula atau ballroom. Alhamdulillah yang penting masih tetap guyub.

      Like

  2. Wheiiiiitz, seru bet yaaa ada bukber keluarga besar gitu-gitu. Pake ada lomba makan kerupuknya jugaaag wgwgw. Seruuuuuu 😀 Setiap keluarga punya keseruannya masing-masing ding 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s