Bukber keluarga (1) 2018

Gak terasa udah seminggu puasa aja ya. Gimana udah banyak undangan bukber (buka bareng)? Alhamdulillah saya baru satu, Sabtu lalu bukber sama keluarga dari pihak ibu. Masing – masing bawa makanan alias potluck. Pukul 17.30 anggota keluarga komplit hadir, udah heboh ngobrol tuh. Eh tapi sembari nonton royal wedding juga. Orang mah nunggu waktu berbuka dengerin ceramah atau kultum (kuliah tujuh menit) dari Pak ustadz. Ini malah asik komentar dan guyonin si royal wedding. Contoh guyonnya : “lha kuwi si Mbak X ono gek bikini instastory.” Pas si Meghan masuk ke tempat acara. Mbak X adalah sepupu yang lagi ambil S2 di London. Ya kali deh diundang *asik ngarang 😜 Kita mah khayalan tingkat tinggi punya rumah di Windsor ya kann.

Bukber keluarga dari pihak ibu

Selesai berbuka puasa lanjut sholat magrib berjamaah. Jadi ada moment yang ke-skip tuh. Sambil nunggu isya, lanjut nontonin lagi. Obrolan beralih ke rencana mudik, aktivitas saat lebaran, dan rencana halal bihalal lanjutan dari bukber ini. Saat menunggu buka Teona cranky, karena udah jam kritis ya kann. Alhamdulillah di usia 5 tahun ini, perdana Teona mulai belajar puasa, mulai setengah hari. Zuhur buka puasa lalu lanjut puasa lagi hingga magrib. Gimana pendekatan saya mengenai puasa ke Teona? Belom sampe yang surah sekian ayat sekian maknanya ini lho. Saya sederhana aja jelasinnya saat Teona tanya, “puasa tuh apa sih, Bu?” Saya jawab, “gak boleh makan, minum, ngambek, dan mewek.” Tapi namanya juga bocah, tetep aja pas lagi haus atau lapar ya ribet. Jadi selama masih bisa menahan tanpa jadi lemas gak berdaya. Insya Allah lanjut terus. Selama hampir seminggu ini saya perhatikan, Teona bisa menjalankan puasa setengah hari.

Trus saat tarawih berjamaah, kita skip lagi tuh moment diarak keliling Windsor *tetep ye lanjut si royal wedding. Setelah selesai, kita pun lanjut makannn. Haha. Karena Teona pesantren Ramadhan di sekolah, saya tetap bekalin tapi gak yang seperti biasanya. Jadi zuhur tetap bisa buka puasa. Oh ya, kemarin sebagian keluarga tanya, “gak kecepetan tuh Teona belajar puasanya?” Saya jawab, “tergantung orang tuanya.” Esp. Ibunya yang mendidiknya gimana. Kalo bapaknya Teona suka kasian apalah, saya bilang selama tega(s) – nya masih masuk akal kenapa tidak. Saya join wagrup abah ihsan dan insya Allah update ilmu dari situ dan event yang diselenggarakan. Karena istiqomah akan lebih baik jika berjamaah, sendiri pasti ada aja godaannya. Gimana cerita bukber kamu?

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

19 thoughts on “Bukber keluarga (1) 2018

  1. Assalaamu’alaikum wr. wb, mbak Frany Fatmaningrum….

    Apa khabar mbak ? Didoakan selalu bahagia bersama keluarga dalam rahmat Allah SWT. Alhamdulillah, terasa indah dan meriah ya apabila bisa berkumpul untuk bukber dengan keluarga kerana pastinya hari-hari biasa tidak begitu kerana masing-masing sibuk dengan urusan. Inilah nikmat dan hikmahnya Ramadhan untuk kita semua. Kalau saya, setakat ini belum lagi bukber di luar dengan keluarga, hanya di rumah sendiri sahaja kerana kami ini anak perantau, mbak.

    Teona sudah belajar puasa ya. Bagus. walaupun baru berusia 5 tahun, latihan perlu juga diberikan. Anak-anak biasanya suka mencuba dan tentunya lebih memahami maksud puasa sekiranya dilalui sendiri. Insya Allah mbak, kata pepatah “alah bisa tegal biasa”. Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Akhirnya bila tiba masa, Teona tidak lagi bermasalah untuk berpuasa penuh. Pendirian mbak, sama seperti saya. Tergantung orang tuanya dalam mendidik anak-anak.

    Salam seindah Ramadan al mubarak selalu dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  2. Belum sempat bukber sama sekali, cuma sama keluarga kecilku aja… maklum ortu dan mertua jauh. Seneng ya mbak kalau lagi ngumpul gitu, pasti ada aja yang jdi bahan cerita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s