Shalat Ghaib

Definisi sholat ghaib

Saya dimintain tolong bapaknya Teona untuk daftarin sholat ghaib untuk istri temennya yang meninggal dunia. Suami pun tau dari temen lain yang mendaftarkan nama orang tuanya untuk sholat ghaib. Kalo saya belum pernah daftar beginian. Saya hanya tau, kalau kita sedang umroh lalu selesai sholat wajib ada sholat lagi 2 rakaat, kita ikut menyolatkan jenazah yang sengaja didatangkan dari seantero wilayah sana agar bisa disholatkan di masjidil haram. Saya pernah papasan dengan rombongan yang menggotong jenazah. Hanya saat disholatkan, gak keliatan tuh ditaruh di mana jenazahnya. Beda kalo di Indonesia kan kita sholatin jenazah ya di depan kita posisinya kelihatan.

Saya disambut seorang petugas wanita yang langsung minta saya mengisi formulir sholat ghaib. Sebelum isi, saya fotoin dulu form tersebut ke suami. Karena binti siapanya gak diinfo. Suami kesulitan mencari tau binti siapa, jadi ibu petugas minta saya mengisi dengan : binti fulan. Fulan artinya identitasnya tidak diketahui. Selesai isi form, bu petugas infokan kalau sholat ghaib atas nama almarhumah dilakukan Jumat, saya datang hari Kamis. Nama almarhumah akan ada di buletin Jumat minggu depan dari saya daftar dan setelah sholat ghaib dilakukan. Saya jawab: oke, gak masalah.

Saya gak ambil juga sih buletin Jumat yang dibilang Bu petugas. Yang penting sholat ghaib untuk almarhumah sudah dilakukan. Oh ya, daftar sholat ghaib ini GRATIS. Alhamdulillah. Jadi buat temen – temen yang mau daftar sholat ghaib bisa langsung datang aja di jam kerja. Saya datang setelah jam istirahat siang saat jemput Teona, pukul 13.00. Insya Allah jadi bentuk ikhtiar kita untuk almarhumah. Karena kematian gak bisa kita hindari dan kita gak akan pernah siap menghadapi kematian.

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

3 thoughts on “Shalat Ghaib

  1. Pertama kali ikut sholat ghaib pada saat bencana tsunami Aceh, ke betulan aku sedang ikut shalat magrib di mesjid.
    Setelah di Belanda jadi lebih sering ikut shalat ghaib berjamaah misalnya jika ada salah satu anggota mushola yg keluarganya meninggal di Indonesia, kita disini ikut sholat ghaib.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: