Akhirnya punya e-ktp

Telat banget lo, Fran? Salahkan pas saya rajin si blanko gak ada dan salahkan pas saya males malah mesti ngurus. Hih ! Akhirnya terpaksa ngurus yang katanya mudah itu. Mari kita buktikan. Info yang Kami dapat (yang mana ternyata info tersebut salah), mesti ke kecamatan yang mana daerah padat parah dan Sabtu buka kok setengah hari. Baiklah, dijalani demi e-ktp. Sampe kecamatan, sepertinya sedang ada acara entah apa, ada orang yang sudah kumpul duduk sambil pegang snack box, musik disetel cukup kencang. Saat kami masuk dan celingak – celinguk. Walaupun banyak manusia, gak ada tuh yang berniat bantu. Kami nyelonong masuk lho kok sepi di dalam. Kami keluar lagi, suami menghampiri meja dan ambil lembar absen. Baru ada ibu yang tanya kita dari mana? Suami jawab, kita mau urus e-ktp. Ibu tersebut malah nyolot, “makanya nanya dong.” Suami esmosi, diulang dengan nada gak kalah keras, “oh HARUS nanya ya.” Ibu itu ketakutan trus anter kita ke dalam ke petugas yang standby. Saya diam tapi dalam hati, “mampus tuh ibu, nyolot sih.” Saya jahat? Ibu itu gak pake otak atau gimana?! Alih – alih nyolot, lebih baik tegur kita duluan, keperluan kita apa. Kesimpulan dari kecamatan : e-ktp urus di kelurahan. Baiklah!

Langsung meluncur ke kelurahan dan masih tutup dan gelap. Wow. Lalu ada bapak-bapak nyamperin kita yang ternyata yang biasa antar teman Teona saat di sekolah lama jadi kami saling kenal. Bapak tersebut bukan pegawai kelurahan, tapi begitu lihat Kami. Bapak tersebut buka pintu dan nyalakan lampu agar Kami bisa masuk dan menunggu di dalam. Bapak tersebut juga yang kasitau petugas ada warga lho ini yang perlu dilayani. Ini gimana ceritanya kalo gak ada yang kenal macem di kecamatan tadi ya?! Setelah dilayani, e-ktp saya jadi duluan, walopun fotonya foto lama saat belum nikah dan belum berjilbab 😑 Trus gak bisa foto ulang kata petugas *terserah deh. Beralih ke suami, dia difoto saat itu dan petugas bilang, jadinya Selasa. Okeh. Kami bersiap cabut dari situ, belum sampe pintu keluar, kami dipanggil lagi, katanya e-ktp suami juga sudah jadi dari sistemnya cepet. Alhamdulillah. Rezeki banget.

Terlepas dari saya di pihak mana, tapi kinerja kelurahan kecamatan masih juara DKI 1 sebelumnya. Kalo yang sekarang yah begitulah. Saya bilang ke suami saat perjalanan dari kecamatan menuju ke kelurahan. Buat apa ladenin ibu nyolot tadi? Suami jawab : sekarang jamannya udah beda, dulu mereka bisa belagu. Sekarang udah gak bisa, mereka abdi rakyat. Kok malah begitu.” Saya diem aja, dari jaman dulu memang abdi rakyat tapi kelakuannya gak seperti abdi rakyat. Rakyat malah nunggu lama sementara abdi rakyatnya entah ngapain. Itu saya rasakan gak hanya dulu saya bikin KTP tapi juga saat kartu kuning. Citranya jadi nyebelin, makanya Indonesia nih butuh sosok pemimpin yang bertangan besi kalo suami bilang, walopun dia bukan di pihak DKI 1 sebelumnya. Gimana pendapat saya urus e-ktp? Sebel dan sedih sih utamanya. Senengnya karena e-ktp Kami langsung jadi. Sedih karena kok jadi pengalaman yang gak enak gini ya. Kalau nilai 1 sampe 10, saya nilai si kecamatan dan kelurahan ini : 6. Bagaimana cerita saat Anda berurusan dengan kelurahan / kecamatan?

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Akhirnya punya e-ktp

  1. mba mba… saya aja ektp akhirnya baru jadi maret kemarin, padahal ngurusnya dah dari tahun 2013 pas banget setelah nikah dan mesti ganti domisili.. padahal di daerah (baca: kebumen, biar jelas, haha) sy udah ektp. begitu pindah jakarta ngaret sampai berapa tahun itu dari 2013-2018. itupun sebelumnya setiap ke kelurahan nanya harus pake emosi…. padahal di ibukota yaa…. hiksss….

    Like

    1. Udah mengakar dan membudaya mental begitu. 5 tahun nunggu e-ktp dari kasusnya belum ada sampe udah vonis ya *hadeuh. Pe er saya belum selesai, Masih mesti berjuang bikin satu lagi, semoga aja less drama.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: