Peringatan hari Kartini 2018 dan menu sehat April

Teona’s classmates

Berhubung hari Kartini jatuhnya Sabtu besok yang mana sekolah libur. Jadi diperingati hari ini dengan acara pawai keliling area sekolah. Seperti pada umumnya disuruh pake baju daerah. Teona pakai kebaya, yang identik dengan Jawa. Selain karena kebaya udah punya juga males nyewa baju adat karena biaya lagi. Soalnya setelah pawai lanjut nonton film Kartini trus acara menu sehat seperti bulan lalu bulan ini puding kurma. Jadi gak full kartinian. Yang seru dari acara kartinian adalah liat anak2 pake baju adat yang Indonesia bangets *nasionalis. Saya perhatikan kebanyakan anak perempuan pakai kebaya dan anak laki – laki pakai baju Betawi ala Jampang / si Pitung, baju adat Sumatera karena simpel, dan beskap (baju adat Jawa laki – laki). Alasan utama tentu pakaian tersebut mudah didapat.

Peringatan hari Kartini

Namun ada juga yang pake baju adat lainnya yang menarik perhatian saya, seperti : pakai baju adat Batak, ulos jadi bawahan dan kain diselempang (saya naksir ulosnya). Baju adat Makassar yang cantik dengan hiasan kepala dan pernik – perniknya, baju adat NTT (intinya sih pake kain tenun khas NTT yang saya naksir berats juga). Kembali ke kreatifitas dan nasionalisme orang tua. Mengingat area sekitar sekolah yang cukup besar. Jadi pawai yang mulai sekitar pukul 8, lalu jalan 10 menitan. Trus istirahat minum, secara panas ya bok. Trus penampilan dari kelompok masing – masing. Ada yang nyanyi, sholawatan, bahkan penampilan silat *seru banget ya kann. Haha. Anak – anak bocah ini ya, lucuk banget rasa pengen dipites macem kutu saking banyak gayanya. Jadi acara pawai peringatan hari Kartini dilaksanakan selama satu jam.

Menu sehat : puding kurma di sentra memasak
Menu sehat : puding kurma di sentra memasak

Saya pikir beneran bakal muter ibarat thawaf, ternyata pas selesai motong jalan lewat area dalam. Syukurlah, secara pake baju adat trus pawai keliling kan lumayan keringetan trus panas. Tapi anak – anak mah nikmatin aja. Laporan dari orang tua pelaksana menu sehat pun mampir di wagrup, Teona gak terlalu doyan puding kurma -_- Makan dengan rela gak rela deh ni bocah. Menu sehat pun dilakukan selama satu jam. Saya pun seneng lihat linimasa hari ini, banyakk bangett anak temen yang juga merayakan kartini-an di sekolah masing – masing. Mau sampe kapanpun acara kartini-an anak – anak pasti seru. Eh ada yang pake kostum profesi juga, yang standar sih tentara sama polisi kalo anak laki – laki. Yang antimainstream, anak perempuan temen saya pake kostum zookeeper. Super cool! Selamat menyambut akhir pekan.

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Peringatan hari Kartini 2018 dan menu sehat April

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Frany Fatmaningrum…

    Sosok Ibu Kartini sudah tidak asing lagi dalam menjadikan peribadi beliau satu panutan buat generasi muda masa kini tentang perjuangan beliau yang menginspirasikan terutama memajukan kehidupan wanita peribumi pada zaman beliau. Mudahan dengan mengingati Hari Kartini anak-anak punya sifat patriotisme yang tinggi dalam memperjuangkan hidup di bumi merdeka dan menjadi anak yang soleh dan solehah untuk bumi bertuah Indonesia.

    Teona kelihatan imut dengan kebaya merah dan kain kuningnya. Aamt menyerlah sekali dari teman-teman yang lain. Asyik ya anak-anak ini selalu diraikan dengan acara hebat negara.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Liked by 1 person

    1. Waalaikumsalam wr. wb Bu Hajjah Fatimah.
      Insya Allah peringatan hari Kartini akan selalu dilestarikan, sehingga semangatnya selalu kita ingat.

      Terima kasih pujiannya, yang saya lihat baju apapun anak – anak selalu gembira bila ada acara yang mereka menjadi pusat perhatian.

      Salam hangat dari Jakarta Pusat 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: