File keuangan keluarga

Post terdahulu, tepatnya 3 tahun yang lalu saat Teona belum efektif sekolah. Binder file saya hanya satu, untuk seluruh kebutuhan rumah tangga, semua tumplek blek di situ. Sejak Teona sekolah, tentu ada tambahan pengeluaran rutin sekolah dan tambahan biaya tak terduga lainnya. Pengeluaran rutin seperti bayar SPP, biaya tak terduga lainnya seperti karyawisata, sumbangan, hingga kado teman. Biaya yang masuk binder file hanya yang terkait dengan kegiatan resmi sekolah. Karena semakin banyak, saya memutuskan untuk menambah binder file baru khusus biaya – biaya sekolah.

Saya bukan orang accounting dan tentu bukan yang semua tercatat rapi gimana juga, biasa aja. Berusaha tertib administrasi aja. Karena saya gak merasa rugi atau kesulitan dengan tertib administrasi ini. Kalau lagi ada masalah (amit2) baru terasa manfaatnya, buktinya ada. Insya Allah gak bisa dibegoin orang. Bila ada kenaikan pengeluaran, otomatis pasti ngeh. Perbedaannya ketara dari pengeluaran yang biasanya kita keluarkan. Artinya saya perhitungan tajam? Aduh, boro – boro. Suami saya bilang saya cenderung boros tapi masih bisa ditolerir. Kecuali kalo saya boros buat belanja berlian atau tas branded sebulan sekali baru deh lebay. Kalau sedang stress, obat saya : belanja. Nah tapi levelnya masih standar.

Tertib administrasi tidak sama dengan pelit atau hemat. Kalau saya berlebihan, suami mengingatkan. Tapi sih selama ini kita berdua cukup kompaklah masalah keuangan. Sama – sama ngimbangin aja. Soalnya susah juga kalau suami istri gak sejalan masalah keuangan. Walaupun suami saya gak pernah sama sekali utak – atik rekening saya. Yang penting tidak defisit. Pun bila sedang ditinggal pergi, suami memberikan sumber dana mana yang bisa dipakai. Agar gak kocar – kacir. Pemakaian kartu kredit pun diputuskan suami yang pakai dan itu amat sangat dibatasi pemakaiannya. Bener – bener kalau kepepet bukan sekedar impulsive semata. Kalau kamu, punya binder file keuangan pribadi / rumah tangga juga?

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

14 thoughts on “File keuangan keluarga

      1. Hadeuh. Itu dia masalahnya, meminimalkan gadget. Ini aja pegang HP buat kerjaan sama bisnis udah dicomplain suami. Krn suamiku tertib pake gadgetnya beda sama aku *jadi ngaku deh

        Like

      2. Kalo kata abah ihsan, “gadget si setan gepeng, sampe2 bikin anak terlantar, ajak main kek, muroja’ah kek” *jleb banget si abah kalo ngomong. Tapi aku perlu digituin biar gak ndablek kalo bahasa jermannya mah.

        Liked by 1 person

    1. Iya paling excel tp suka lupa ketik jadi coret2 di buku aja. Sama bon rutin2 yang jumlahnya lumayan difile.

      Boros terkontrol, nah ini dia. Aku masih banyak khilafnya jadi perlu dikontrol suami. Hehe.

      Like

  1. Kamu tergolong rajin ini Fran. Aku sekarang nyaris ga pernah nyatet2 lagi. Dulu jaman ngekos iya aku catetin (manual di buku pengeluaran). Suami yg lebih taat administrasi, karena memang dia musti memantau keuangan dan investasinya. Kalau aku ya mantau dari aplikasi bank yg ada di hp. Karena di sini kan pembayaran sistem debet kartu. Jadi ketahuan beli2nya apa saja kalo lihat di aplikasi. Aku ga boros, cuma suka tergoda kalau lihat backpack dan sneakers. Kalau kata suamiku, aku istri super hemat, jajannya cuma buku aja tiap bulan ๐Ÿ˜…. Sampai2 dia inisiatif sendiri ngebeliin aku baju dll. Padahal ya aku ga butuh.

    Like

    1. Gak yang well organized juga sih, Mbak. Kebiasaan di awal bulan setelah terima hak (gaji) kemudian bayar kewajiban (tagihan, dll). Daripada kocar – kacir (padahal rutin tiap bulan dikeluarkan), pilih disimpan aja. Kalo tagihan naik, artinya harus ada yang direm. Hehe. Terima kasih sudah berkunjung ๐Ÿ™‚

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: