Menu sehat Maret 2018 : juice strawberry

Bulan ini saya kebagian jadi salah satu penyelenggara menu sehat yang temanya juice strawberry 🍓 Trus tentu saja saya sudah mengkosongkan hari untuk berpartisipasi. Karena anaknya udah antusias pas tau saya jadi panitia menu sehat. Sesuai kesepakatan di wagrup, akan ada ibu yang buat juice nya trus kita bantuin. Sebelumnya ada briefing untuk bagi tugas, karena menu sehat kali ini ada pemeriksaan gigi, kuku, dan rambut juga. Saya kebagian di menu sehat, yang menerangkan manfaat buah strawberry. Materi sudah dibuat oleh ibu lainnya, 2 lembar itu menerangkan tentang manfaat strawberry. Tapi entah hanya copas atau gimana. Kalimat dan ada beberapa materi yang gak akan ‘masuk’ nih ke logika anak – anak. Akhirnya, saya ubah pake bahasa yang mudah dipahami anak aja. Karena anak – anak pasti belum ngerti seperti salah satunya, “… berfungsi mencegah Alzheimer dan demensia.” Bisa sampe ba’da zuhur jelasinnya. Hahaha. Skip ajalah itu.

Awalnya per kelompok anak, saya datang bawa sepiring strawberry, trus mereka udah teriak : “wow, strawberry!” Bagus, udah antusias dari awal. Bisa dipancing, “siapa yang suka strawberry?” Rata – rata pada teriak “saya” dan tunjuk tangan. Trus manfaatnya ada 5 poin, dari materi yang sudah dibuat, antara lain : kesehatan mata, kulit, daya tahan tubuh, perkembangan otak, dan tulang. Jadi misal, “siapa yang mau matanya sehat?” Semua tunjuk tangan. “Berarti juice strawberry nya dihabiskan yaa.” Trus “siapa yang mau tulangnya kuat?” Semua tunjuk tangan lagi. “Berarti juice nya nambah yaaa.” Begitu deh kira – kira. Rata – rata pada beneran antusias nambah berkali – kali, tapi ada juga yang segelas kecil itu susah payah ngabisinnya, parah lagi ada yang cuma beberapa teguk gak mau lagi. Dua kategori terakhir ada 3 anak, kebetulan laki – laki dan gemuk semua. Kalau Teona termasuk picky fruit, ternyata masih ada yang lebih parah lagi. Hoho.

Saya tanya ke yang bikin juice, dia perlu beberapa kali percobaan bikin dan dicicip anaknya. Trial and error, akhirnya nemu resep yang pas. Karena permintaan dari sekolah murni juice tidak ditambahkan susu. Hanya ditambah gula agar rasa juice tidak asam. Sebanyak 5 kilo strawberry dibuat juice, selain rasanya enak, tentu yang terpenting disukai anak – anak. Ngejelasin berulang – ulang ke anak – anak dengan reaksi yang berbeda – beda, lumayan menguji kesabaran. Saat yang saya lagi seru nerangin, ada anak yang tidur di pangkuan saya. Atau saat saya nerangin, ada anak perempuan yang duduk di sebelah saya, colek – colek minta perhatian. Saya pikir mau nanya, dia malah bilang, “Tante kok cantik banget sih.” Jiaahh, bisa aja bikin nih emak rempong jadi ge er 😅 Kelakuan anak – anak emang gak bisa ditebak 💛

Published by Frany

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

19 thoughts on “Menu sehat Maret 2018 : juice strawberry

      1. Yg lucu itu yg tidur, wkwjwkkw…. aku dl pas jd guru SMA, prinsipku adl: lebih baik km tidur di kelas, drpd bangun tp mengganggu ketertiban umum, LOL. Jarang jg sih tp yg nekad tidur di kelas. Sekali dua kali ada, yg pertama itu krn dia les sampe malam (mau masup ITB). Yg anak kedua, kecapean ngurus rumah tangga krn ibunya udah ga ada. Kesian 😦

        Like

      2. Iya, bobok2 lucu gitu di pangkuanku. Hadeuh.

        Keren ih bu Guru. Aku gak bakat, ngajarin anak sendiri aja emosi, apalagi anak orang. LOL. Btw, beneran lolos masuk ITB gak tu anak? Yg anak kedua, semoga surga tempatnya kelak. Aamiin.

        Like

    1. Pihak sekolah lagi minta 1 jenis buah saja. Bahkan susu pun gak boleh. Tapi karena gak mungkin strawberry saja. Maka pemakaian gula disesuaikan. Trial n error dulu, setelah dirasa pas baru eksekusi 5 kilo strawberry 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: