Kids Greenation – Okt 2017

Tema bulan Oktober 2017 di sekolah Teona adalah kids greenation : reuse, reduce, recycle. Saat rapat orang tua, sebelum parenting islami dengan topik ini. Orang tua sudah diinformasikan apa sih tema bulan ini, apa saja sih yang akan diajarkan di sekolah, trus orang tua berperan apa sih di tugas anaknya, gitu – gitu deh. Nah dari rapat itulah kita tau kalau mesti ajarin anak mendaur ulang barang dan anak pun diajarkan untuk mendaur ulang di sekolah. Untuk TK A, 2 kelas membuat aksesoris dari barang lama (gelang, kalung, bando, bandana, shawl, topi, sepatu) menjadi baru. 2 kelas lagi membuat tas daur ulang, misal dari celana jeans lama atau dari kemasan deterjen jadi kostum. Untuk kelas B, mendaur ulang baju. Misal dari kemeja Ayah menjadi dress anak. Saya merespon positif, karena menarik loh ini. 

Berhubung ibunya Teona ini keterampilannya di bawah standar. Hahaha. Jadi saya pilih yang pasti – pasti aja buat dikerjain. Ibarat kata resep, anti gagal 😅 Bongkar lemari baju, nemu jilbab lama Teona yang masih bagus. Bongkar lemari dapur nemu sedotan – sedotan lama yang tidak terpakai. Kok bisa punya sedotan lama? Dulu Teona konsumsi rutin susu UHT kotak biru 200ml, nah gak selalu minum dari kotak jadi sedotan yang gak kepake saya simpan. Ada juga sedotan lebih, kalo pas jajan minuman macem h0p2, ch@tt!me, dum2, atau sejenisnya. Jadi ya disimpen aja tapi gak rutin kepake juga. Bongkar lemari penyimpanan, nemu manik – manik, benang, dan teman – temannya. Lumayan. 

Oke, lanjut mau bikin apa dong? Di sela – sela saya lagi riweuh bikin laporan buat RUPS, jadi gak sempet foto itu printilan. Foto yang saya pake cuma satu yang saya foto dan burem pula. Haduh, parah emang. Akhirnya nemu wangsit buat mendaur ulang jilbab lama Teona dan bikin gelang. Jadi bagian pinggir jilbab lama saya jahit pake kain perca flannel,  sedotan warna warni, dan manik – manik. Bagian atas kepala tempel hiasan strawberry, gak nyambung pisan, tapi oke lah. Kemudian gelang pun pake sedotan dan manik – manik. Tadinya Teona minta bikin yang lain, tapi saya udah keburu gak konsen. Lagian cukuplah 2 item. 

Gladiresik fashion show
The day

Hari H, Teona dan teman-temannya fashion show di hadapan orang tua seluruh murid RA. Sebelumnya ada penampilan baca surah pendek bulan lalu, yaitu Al. Qariah dan hadis. Acara berjalan seru dan tentu penuh tawa orang tua lihat penampilan anak – anak tercinta. Ada yang PD abiss namun ada juga yang pemalu tampil kayak Teona *jago kandang. Semua patut dihargai karena berani tampil dengan hasil karya masing – masing. Selesai acara, saatnya orang tua cari anaknya. Oh ternyata mereka lagi sibuk market day, Teona dan teman – teman jual hasil karya masing – masing yang dibuat di sekolah. Satu paket isinya : talenan, botol plastik jadi tempat pensil, baju polos diwarnai beberapa warna trus ditaruh di hanger (apa sih istilahnya?!) *kudet. Para orang tua beli hasil karya anaknya masing – masing. Lucu ya. Sekarang saya lagi siapin buat tema bulan November. Apa temanya? Tunggu aja post selanjutnya 😉

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

One thought on “Kids Greenation – Okt 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s