Wangi khas dapur


Yang pasti bukan dapur saya! Haha. Selain gak jago baking, masak pun standar masakan rumahan Indonesia. Rezeki saya adalah ketika Ibu saya dan kakak ipar mengirimkan masakan mereka ke tempat saya tanpa saya minta. Moment terindah saat panasin masakan mereka, wangi khas dapur mereka seakan pindah ke dapur saya. Bahkan sesederhana ungkepan ayam / ikan atau baceman tempe tahu hingga segala rupa pepes. Yummy. Jujur aja, misal dikasih makanan jadi saya jauhh lebih bahagia dibanding dikasih cake atau roti *dasar si kufur nikmat *jitak Frany. Btw, pic nya asli maksa banget, kebarat – baratan padahal yang mau dibahas masakan Indonesia.

Kakak ipar saya yang ada di Kota Padang tiap bulan kirim masakannya via ekspedisi one night service. Isinya mulai dari cemilan hingga ‘hasil bumi’ halaman belakang rumahnya. Bumbu dunia percabean, what she called cabe darek?! Saya sih iya2 aja. Karena tahu Ibu saya sudah pasti kirim masakan Jawa, jadi walaupun kakak ipar saya juga jago masakan Jawa belajar dari keluarga di Solo. Namun dia memilih kirimi masakan ala Padang seperti : rendang daging, ayam cabe ijo, ayam bumbu kelapa seperti di resto Padang, ikan bilis, ikan ungkep, dll dst 😍  

Ibu saya cenderung lebih mudah kirimi saya makanan kapan aja. Misal lagi gak dateng langsung bawa, bisa kirim pake gosend. Beliau pun tau selera saya dan kemampuan masak saya semana, jadi lebih dalam nih. Seperti yang udah saya sebut di atas, mulai dari ungkepan / baceman / pepes tahu tempe ayam. Ada juga : rawon lengkap dengan telur asin, lodeh kluwih, sup kimlo, gudeg, dll dst 😘 

Pada dasarnya kami bertiga si pemakan segala yang penting halal. Namun poin pentingnya, wangi khas dapur ibu saya dan kakak ipar jadi ada di dapur saya. Itu sesuatu yang menyenangkan lho *paling enggak buat saya sih gitu. Ibu saya dan kakak ipar kirim makanan, sebagai tondo tresno untuk Kami bertiga. Semakin kesini, semoga aja saya makin jago masak. Jadi kelak, anak saya bisa punya kenangan wangi khas dapur ibunya. Bahagia itu sederhana buat saya, sesederhana wangi khas dapur ibu saya dan kakak ipar hadir di dapur saya. 

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

6 thoughts on “Wangi khas dapur

  1. Salah satu motivasiku selalu ingin belajar memasak dan lebih baik adalah ingin orang2 rumah nantinya akan selalu ada rasa rindu untuk kembali ke rumah sejauh apapun mereka melangkah ketika pergi meninggalkan rumah. Seperti aku gini, sejauh apapun kaki melangkah, yg dikangenin ya masakan Ibu. Ga pernah bisa lho nyamain rasa masakan Ibu bahkan hanya untuk masakan yg sederhana macam nasi goreng untuk sarapan yg bumbunya hanya cabe merah,terasi,garam, dan bawang merah. Rasanya tetap beda. Soalnya masaknya penub cinta ya. Aku juga ingin nantinya akupun bisa merasakan posisi seperti Ibu yg akan selalu dikangenin masakannya. Sekarang cukup tersanjung kembang kempis hidungku kalo suami tiba2 nyelutuk,”ga sabar nih akhir pekan, kira2 istriku masak apa ya, soto, lodeh, ayam bakar atau apa yaa” padahal masak juga mood2an haha.

    1. Setujuuu banget, Mbak Deny. Mbak lebih rajin dan total dari aku untuk urusan masak. Aku se-kepegang-nya aja. Ntar lah lagi ngaduk gulai, diselak mesti mandiin anak. Atau lagi goreng disambi beresin mainan, dll dst. Jadi masak asal gak hambar / keasinan udah lumayan bgt. Hehe.

      Btw, suaminya Mbak Deny selera makannya gak bule ya, doyan selera nusantara 👍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s