Posted in Uncategorized

e-ktp

Apakah Anda sudah ber-e-ktp? Saya BELUM! Alasannya, blanko e-ktp kosong. Jadilah saya masih KTP lama yang berlaminating. Buat saya sih, mau apa kek terserah, asaaalll jangan seperti pilkada kemarin. Wajib e-ktp, lha piye? Menyulut perdebatan kan jadinya *sigh. Hingga kemarin adik saya share program yang diselenggarakan oleh dukcapil kemendagri : program kemendagri membludak karena alasan ini. 
Hanya saja info yang didapat, antriannya gak santai. Bikin saya jadi tarik urat menanggapinya. Kita ke kelurahan dibilang blanko e-ktp kosong ATAU kalopun jadi masih ntar tahun depan *whatt?! Kalo urus e-ktp setahun baru selesai apa kabar kalo mau urus VISA, mau check in, atau urusan ke bank, bahkan sesepele bertamu ke kantor orang juga mesti ninggal KTP *doh! Jadi solusinya gimana? Versi saya sih, udah eksekusi tapi yang menang tender gak becus, ya ganti aja!  Emang yang bisa bikin satu perusahaan itu aja?! Alhamdulillah saya taulah busuk-busuknya, udah jadi rahasia umum juga lah ya. 
Sebenarnya masih banyak juga ketentuan yang sama buruknya, seperti sistem BPJS. Suruh orang ikut BPJS tapi pegawainya gak pake BPJS *ya menurut lo?!  Belum masalah jasa dokter yang gak layak, dll, dst. Tapi ini sepele lohh, KTP! Jelas gak mungkin program sekian hari trus seluruh penduduk Indonesia ber-e-ktp. Jadi mesti direview ulang tuh gimana solusinya. Kalo setahun dagelan sih, kalah sama kartu ATM yang isi uang. KTP isinya identitas diri doang. Gak bisa buat ke ATM atau debit. Buat yang sudah ber-e-ktp, selamat. Anda beruntung. 

Author:

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

15 thoughts on “e-ktp

  1. Aku sudah ber e-ktp sejak 2012. Waktu awal2 sosialisasi e-ktp. Ibuku ktp nya kan agak rusak ya karena ga sengaja kena cuci, trus mau memperbarui jadi e ktp katanya nunggu blanko yg entah kapan ada. Padahal tahun kemaren itu mau bikin paspor yg salah satu syaratnya ya ktp. Akhirnya pihak kelurahan ngasih surat pengantar ke imigrasi ga bisa bikin e ktp karena blanko habis dan entah kapan datangnya. Padahal ditunggu sudah 2 bulan sampai molor bikin paspor barunya. Ini di kabupaten kayak gini.

    Like

    1. Hadeuh, itu dia rempongnya kalo gak ada KTP. Bukan salah masyarakat kan.
      Tahun 2012 habis nikah, aku & suami urus segala dokumen, pas bikin KTP baru itu blanko nya kosong dan sampe pilkada kemarin kembali rusuh pas dibilang hanya e-ktp saja yang bisa milih.

      Like

  2. Saya dulu keluarin uang pelicin mbak supaya cepat. Soalnya tempatnya jauh. Pokoknya bayarnya dobel. Soalnya sama bayarin supir plus mobil nyewa. Harus ngurus ke kabupatennya. Tapi nggak sampai sebulan dah jadi. Bahkan cuma semingguan kalo nggak salah ingat. Cuma bayar berapa saya nggak tahu. Kata ibu saya supaya nggak antri saja. 😀

    Like

    1. Duhh, saya gak sudi pake pelicin2 gitu, mas. Toh bukan salah saya blanko nya kosong.
      Itulah, gak mungkin urus e-ktp masyarakat se-Indonesia hanya beberapa hari. Sosialisasikan seperti samsat keliling baru efektif.

      Like

  3. Aku udh Ektp tp belon yg seumur hidup itu exp nya karena katanya walau sdh exp tetep berlaku seumur hidup menurut keputusan mendagri. Masalahnya ribet aja kan seharusnya yah digantilah. Ini kemana2 mesti bawa2 kertas dr kementrian jg utk meyakinkan bahwa ektp aku berlaku

    Like

      1. Jadi Ektp yang dibuat pertama kali, tahun 2011 sama 2012 itu masih ada exp date nya Fan. Trus seharusnya kan kita buat yang baru ya, ehhh ternyata ada aturan baru kalau ektp tsb berlaku seumur hidup. Gak enak banget kan ya, karena ada beberapa tempat katanya gak mau terima.

        Like

  4. E-ktp saya dan suami sudah pada mati dek, kalo tidak ada expired date sih nyaman saja, lhah E-ktp kami versi lama, jadi masih tertera, gak enak diliat mata, mau perpanjangan cuma dikasih kertas lembaran yg harus diperbaharui 6bln sekali, jadi makin ogah 😦

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s