Posted in Uncategorized

Idul Adha 2017 & Pendidikan Qurban di sekolah. 

Setelah kemarin hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1438 Hijriyah. Kayaknya baru kemarin Idul Fitri, gak terasa udah Idul Adha aja. Muslim / muslimah yang sedang menunaikan ibadah haji sudah mencapai puncak wukuf di arafah Kamis minggu lalu, saya lihatnya turut terharu – biru. Cuma Yang Maha Kuasa yang memilih hambanya untuk menyandang gelar H / Hj *pilih saya dong ya Allah  **benerin dulu aja ibadah lo,  Fran. Kemarin udah pada puas dong ya, hewan qurbannya sudah sampai ke yang membutuhkan. Alhamdulillah. Gimana dengan hari raya Idul Adha kamu? Kalau saya, sholat di masjid dekat rumah saja. Trus pas baruuu banget sampe abis sholat, istri sobat bapaknya Teona yang tinggal di seberang tempat tinggal kita bilang kalo dia mengutus Mbak ART nya nyeberang untuk kirim makanan lebaran : ketupat, opor ayam telur, sambal goreng hati kentang, sayur labu siam, dan dendeng balado  😍 Alhamdulillah, luar biasa. Saya padahal udah bikin juga opor ayam tahu dan sambal goreng daging kentang. Hihi. 

Selesai makan, kita menuju rumah tante saya karena ortu saya mudik menengok mbah putri yang tinggal satu-satunya. Jadi kedua adik saya dan 2 sepupu plus saya sekeluarga janjian ngumpul di rumah tante saya. Sejak pagi hingga habis ashar. Dari jatah yang didapat untuk yang memberikan hewan qurban. Saya dapat daging kambing yang sudah saya oseng pedes *pertama kali masak kambing *dibalurnanas, lanjut diolah di slow cooker. Trus daging sapi menjadi dendeng batokok. Alhamdulillah. Tak lupa kami pun ke rumah saudara bapaknya Teona untuk bersilaturahmi. Jadi impas, semua senang. Oh ya, sempet lihat ada yang nyinyir, pengen punya stok foto di Ka’bah biar bisa upload. Hahaha. Statement sirik nih yeee. Kalo saya respect aja sama yang upload saat di ka’bah kek, di gereja kek, di pura kek, di vihara kek, di kuil kek. Intinya, lo beragama! Daripada cuma bisa sirik *eh siapa sih itu yang nyinyir?! 

Senin, 3 September 2017. Sekolah Teona mengadakan Pendidikan Qurban. Saat datang, journal pagi : ikrar, asmaul husna, sholawat Nabi, materi qurban. Lalu praktek qurban. Anak TK praktek qurban langsung? Gak apa-apa tuh? Gak bikin traumatis? Sabar pemirsa. Jadi anak – anak dari KB – RA – MI – Mts – MA ramai – ramai ke lapangan basket sekolah untuk ambil hewan qurban masing – masing kelompok. Alhamdulillah, hasil sedekah anak-anak RA dapat seekor kambing. Setelah foto, lalu menuju rumah potong hewan di area sebelah. Diinformasikan juga oleh guru, kalau hewan qurban tsb insha Allah diterima Allah swt. Trus disembelihlah kambing tersebut di depan anak – anak. Anak – anak diminta takbir lalu juru sembelih memotong hewan qurban. Pada berani tuh? Ada beberapa anak yang takut. Saya pun sempat memperhatikan ekspresi Teona saat menyaksikan penyembelihan hewan qurban. Saya lihat tidak ekstrim yang gimana kok, ini bentuk pengetahuan sekaligus regenerasi. Kalau kelak, merekalah generasi yang akan turut menyembelih saat idul qurban. Trus saya tanya juga ke tetangga yang dosen Psikologi salah satu universitas negeri di Jakarta, selama didampingi plus diberikan ilmu pengetahuan / pendidikan yang sesuai aqidah insha Allah aman. Semoga idul adha kita semua tahun ini diterima Allah swt dan menjadi berkah untuk semua. Aamiin ya robbal alamin. 

Author:

Jakarta - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

11 thoughts on “Idul Adha 2017 & Pendidikan Qurban di sekolah. 

  1. jadi mesem2… eh siapa itu yg nyinyirin orang foto2 depan Kabbah…
    perjuangan menuju kota Haram itu aja musti nunggu bertahun2, wajar kok kalau kepengen foto di bangunan suci ini ya

    Like

  2. Aku kayaknya tahu tuh yg nulis ttg foto depan ka’bah (klo sama yg dimaksud ya). Soalnya aku follow di twitter 😅 dia pernah ke rumah kami juga pas ke Belanda sama istrinya.
    Aduh enak Frany, makan masakan lebaran apalagi dapat kiriman. Aku pas Idul Adha lagi liburan. Jadinya ya sholat sendiri, ga sempat nyari info mesjidnya di mana.

    Like

  3. Memang setiap moment hari besar seperti Idul ADHA atau Idul Fitri harus dimanfaatkan untuk silahturahmi kepada kerabat,sodara, bahkan kerumah kakek dan nenek guna sungkeman.
    salut saya kepada mbak Frany Fatmaningrum karena acaranya padat sekali setelah simak sesaat artikel diatas…. semoga diberikan kesehatan terus nggih mbak hehe ….
    salam kenal by Resti

    Liked by 1 person

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Frany….

    Alhamdulillah, itu satu pendidikan yang bagus buat pengetahuan anak-anak di awal usia mereka. Mudahan mereka memperolehi manfaat dan tahu makna pengorbanan di hari raya Idul Adha.

    Salam Aidul Adha dan semoga dimurahkan rezekinya, mbak.
    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.:)

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s