Resep : Tinoransak Ikan


Tumbeennn saya berbagi resep, biasanya nyontek resep. Teteplah ini hasil nyontek juga dari seleb IG juga. Haha *dasar tukang contek. Tapi gak semua yang saya contek, hasilnya pas di hati. Biasanya yah standarlah. Nah  kali ini ada satu resep yang udah saya recook dan berkesan! Bahan – bahannya gampang, mudah didapat, dan GAK PAKE RIBET MASAKNYA *penting ini.

TINORANSAK IKAN

Recipe : xanderskitchen

Recook : franyfatmaningrum

Bahan : 

4 potong ikan kakap (bisa juga tenggiri, saya pakai tongkol *jauh banget ya. Tukang sayur bawanya itu)

15 bawang merah 

Segenggam cabe merah & cabe rawit 

3 cm jahe 

3 cm kunyit 

10 lembar daun jeruk 

2 daun bawang, iris kasar 

Daun kemangi 

Air jeruk nipis 

Garam & gula

Cara masak :

  • Bersihkan ikan, beri air jeruk nipis dan garam. Goreng hingga matang.
  • Tumbuk kasar : bawang merah, cabe, jahe, kunyit.
  • Tumis bumbu yang sudah ditumbuk bersama daun jeruk & sereh hingga harum.
  • Masukkan ikan goreng, tambah air, gula, dan garam. Tambah air jeruk nipis.
  • Koreksi rasa. Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan kemangi. 

Saya sih sukaaa. Ada satu masakan Menado yang olahan ikan dengan bumbu mirip2, saya lumayan suka bikin. Tapi saya jauh lebih suka Tinoransak Ikan ini. Bakalan saya recook terus. Hehe. Besok libur hari raya Nyepi, bisa dicoba nih resep ini  👌

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

12 thoughts on “Resep : Tinoransak Ikan

  1. Woohhh ini sih kebayang enak dan wanginya soalnya ada kemangi dan sereh. Biar seger enak tambahi belimbing wuluh *tapi jadi lain donk nama masakannya ya haha. Eh tapi kan sudah ada air jeruk nipis ya.

Leave a Reply

