Baby shower ala India


Saya punya sahabat keturunan India dan mengundang acara baby shower. Apa sih baby shower? Perayaan/syukuran sudah diberikan rezeki hamil dan berharap akan dapat melahirkan dengan lancar. Kalo di Islam adanya pengajian 4 bulanan, kalo di budaya Jawa ada acara nujuh bulanan. Baby shower ya kira2 seperti itulah. Berhubung saya belum pernah hadir di acara baby shower, saya tanya ke sahabat saya, apakah bawa kado? Jawabannya, tidak perlu karena kan belum lahiran. Jadi saya memutuskan untuk membawa ‘buah tangan’, sekedar untuk mantes-mantesi. 


Kami sengaja datang lebih awal dan sudah menginfokan ke sahabat saya. Karena acaranya undangan makan siang. Demi menghindari rewel ngantuk yang berakibat ini anak jadi gak asik plus ortunya jadi repot dan emosi jiwa. Acara dimulai dengan upacara di mana ibu hamil yang mengenakan baju sari lengkap dengan perhiasan dan bunga di rambut duduk di tengah venue, lalu beberapa anggota keluarga mengoleskan entah apa ke tangan kanan dan kiri bumil. Menaruh merah yang di tengah jidat (maaf saya gak tau namanya), menaruh bunga di atas kepala bumil, dan memakaikan gelang di tangan kanan dan kiri bumil. Lalu ada rangkaian upacara lainnya. Hingga hamparan daun pisang utuh ditaruh di depan bumil dan keluarga. Kemudian diisi makanan dan makan siang bersama. Bedanya selesai makan, daun pisang utuh dilipat 2 tanda makan sudah selesai. 


Menu makan siangnya SPICY VEGETARIAN. Pilihan makanannya banyak bangettt. Saya cicip semua karena semua menu khas India jadi kan beda dengan menu sehari -hari saya. Begitupun desertnya, ada 3 jenis yang saya dan bapaknya Teona cicipin. Saya sudah 3 kali hadir di acara India sahabat saya ini : ulang tahun, pernikahan di kuil, dan baby shower. Walaupun saya terlihat berbeda, karena hanya saya satu2nya tamu yang berkerudung (berbeda keyakinan). Namun perlakuan mereka gak membedakan. Setiap acara sahabat saya itu selalu memiliki cerita dan kesan tersendiri.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

13 thoughts on “Baby shower ala India

  1. Wah, mbak beruntung sekali bisa datang ke acara upacara nikahan orang india (turunan juga masih India kan?). Kalo dulu aku inget sekilas tentang nikahan abangnya temanku yang orang india tau tau udah selse aja, pengantin cewek diboyong kerumah mertua alias abangnya temanku. Pake kalung bunga gitu, cantik. Yang kuingat jelas itu bajunya warna merah (baju sari India) Kalo gak salah. Cuma bisa liat proses masuk rumahnya aja. Jujur penasaran sebenernya liat proses nikahan mereka, tapi pas aku tanya katanya di kuil dan nggak ngundang banyak orang dan nggak pesta besar besaran juga katanya. Hanya keluarga dan kerabat aja. Selesai proses masuk rumah, mereka sekeluarga sepertinya keluar kota (jalan jalan), nggak ngerti juga apa yang pergi pengantin atau seluruhnya. Soalnya mobilnya besar bisa membawa semua, terus rumahnya habis tuh tutup. Seminggu gak buka kedai. Mereka dagang barang harian, kedai harian gitu.

  2. Oohh gitu, kami pernah hadir nikahan yg di kuil, pernah aku posting juga. Seru. Masuk kuil lepas sepatu kayak masuk masjid. Bedanya saya gak pake sembahyang langsung duduk. Lihat upacara, pengantin ngeilingi api, dll.

  3. Seru amat fraaaan, aku belom pernah diundang acara sama temen orang india. tapi lumayan suka masakan india hihihi *komennya kaga nyambung amat sih πŸ˜‚

Leave a Reply

