RSUK di Jakarta 

Saya gak lagi jadi duta RSUK atau disponsori institusi pemerintah. BIG NO! Murni berbagi informasi. Informasi yang saya dapat hasil dari ngobrol dengan teman2 saya dokter spesialis yang berpraktek di RSUK.



Masih dalam suasana tahun baru, saya pun mau berbagi info baru *mungkin saya sih yg baru tau. Hihi. Berkaitan dengan kerjaan, teman2 dokter spesialis yang mau saya temui. Entah mengapa kompak minta ditemui di Rumah Sakit Umum Kecamatan (RSUK) yang merupakan Rumah Sakit tipe D. Jadi yang sebelumnya puskesmas sekarang menjadi RSUK, sudah ada 15 RSUK yang tersebar di area Jakarta. Antara lain: 

  1. RSUK Pademangan 
  2. RSUK Koja
  3. RSUK Cempaka Putih
  4. RSUK Johar Baru
  5. RSUK Kemayoran 
  6. RSUK Sawah Besar
  7. RSUK Cilincing
  8. RSUK Jagakarsa 
  9. RSUK Tebet 
  10. RSUK Mampang 
  11. RSUK Pesanggrahan
  12. RSUK Kramat Jati 
  13. RSUK Ciracas 
  14. RSUK Kembangan
  15. RSUK Kalideres

Tujuan adanya RSUK ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan dan mengurangi antrian pasien di RSUD dan RSU. 

Kenapa dokter spesialis praktek di RSUK? Karena RSUK melayani kebutuhan dasar, antara lain: spesialis obgyn, spesialis anak, penyakit dalam, bedah ringan, gigi, dan mata. 

Fasilitasnya gimana? Saya ketemu teman2 di ruang konsul mereka, alat USG nya memadai, fasilitas lainnya pun lumayan bagus. Saya tidak masuk ke bagian rawat inapnya tapi area rawat inap terpisah dengan poli. Mirip di RS pada umumnya. 

Jam operasionalnya? Hasil pengamatan saya dari jam praktek teman2 saya, mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. 

Biasanya RSUK lokasinya berdekatan dengan kantor kecamatan dan pasar yang ada di kecamatan itu. Mmm, saya belum pernah ke puskesmas manapun sebelumnya jadi tidak relevan untuk memberikan perbandingan lebih lanjut. Tapi saya bisa memberikan tanggapan positif dengan adanya RSUK. Tentu amat membantu masyarakat sekitar wilayah tersebut. Kalau di daerah lain bisa turut menjadi RSUK tentu akan menambah kemudahan dan manfaat untuk orang banyak. Salam sehat 💪

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

6 thoughts on “RSUK di Jakarta 

Leave a Reply

