Pelita Village, Ciseeng, Bogor (Fieldtrip 2016)

Tahun lalu fieldtrip kesini, tahun ini kesini lagi. Gak kreatif? Entahlah. Sebenarnya karena tujuan fieldtrip nya sama dengan tahun lalu, yang sekarang mau bapaknya Teona aja yang nemenin. Tapi setelah mempertimbangkan satu dan lain hal. Akhirnya diputuskan saya aja lagi yang nemenin. Karena udah ada pengalaman jadi lebih prepared. Sampe ke hal2 kecil, seperti: 

  1. Bawa tempat makan kosong karena makan siang ibu dan anak dalam bentuk nasi kotak. Jadi saya pikir akan lebih baik dipindahkan ke tempat makan. 
  2. Bawa balmut (bantal selimut). Pengalaman tahun lalu saat pulang, Teona lelap karena kecapekan. Jadi perlu banget balmut, pas lagi jalan ke tanah abang dan nemu, langsung beli.
  3. Koran bekas. Karena saat aktivitas, semua orang hanya pake kaos kaki aja. Jadi koran bekas buat alas (keset-an).
  4. Handuk kecil dan handuk sedang. Mengingat aktivitasnya berenergi.
  5. Peralatan mandi/bersih2 yang ringkas. Kamar mandi ada beberapa tapi tetep antri jadi mesti sigap biar antrian gak panjang.

 

Hari yang ditunggu tiba, kami sampai di pelita village, Ciseeng tetap disambut dengan ‘welcome snack’: jagung rebus dan teh anget. Nyam! Anak2 disuruh kumpul lalu pemanasan lanjut berkegiatan. Sebenernya pihak pelita village bilang: ini acara kemandirian, serahkan anak2 pada bunda guru & petugas. Ibu2 bisa ikut acara khusus ibu2. Kalo saya menanggapinya tentu sinis: “kalo anak gue sampe benjol, siapa yang mau tanggung jawab?! Yang ada juga gue langsung dapet siraman rohani dari bapaknya Teona.” Otak waras saya bicara: “maksudnya tentu baik, tapiii anak saya belum genap 4 tahun, belum jejeg. Jadi mending saya jagain dulu deh, ntar kalo udah TK mudah2an bisa dilepas pelan2″ *bisawarasjuga,bu?! 😛
Kegiatan tahun ini ada perbedaan dengan tahun lalu, baguslah! Jadi gak bosenin. Kegiatan anak2 kelompok bermain dan TK dipisah. Kelompok bermain aktivitasnya antara lain (semoga gak ada yang skip) : memaksimalkan hoolahoop, tarik tambang, main tanah liat, masuk gua (Teona gak mau!) lanjut break. Disuguh bakso dan es kelapa muda langsung dari buahnya. Teona habis ludes baksonya, sruput kelapa muda. Mantap  👍  Berjalan di tali macem tentara. Kemudian ada beberapa tantangan berjalan di tengah sungai, seingat saya 4 tantangan secara marathon. Membajak sawah (Teona naik sampe 2x! Seneng bener doi). Menanam padi, menumbuk padi, padi ditaruh di tampah lalu digoyangkan (duh! Lupa istilahnya), memerah susu (ini juga Teona gak mau! :evil:). Jangan tanya nasib padi2 itu ya, gak jelas! Haha. Naik sampan ke tempat aktivitas flying fox, flying fox, terakhir anak2 nyemplung ke kolam dan nangkap ikan2 pake tangan. Keringetan, lepek, lanjut kuyup! Seru luarr biasa. Langsung buru2 saya mandiin Teona dan suapin jatah makan siang yang telah disiapkan. Biar gak masuk angin nih anak. Udah beres, baru deh saya ganti baju dan beres2in tas. Jam 3 sore balik dari Ciseeng, Bogor menuju Jakarta Pusat. 

Mukeeee  😮

Tarik tambang

Membentuk tanah liat

Menumbuk padi dan tampi (beras di tampah). Apakah jadi beras? Wallahuallam.

Sendiri aja, neng?

Ready for flying fox

Menangkap ikan langsung di kolam.

Ada sedikit perbedaan aktivitas tahun ini dengan tahun lalu. Tapi tetep seru. Petugasnya care, santun dan, sigap. Beda banget pokonya sama yang di sini. Hoho. Kemarin juga banyak dari sekolah lain yang baru pada survey. Oh ya, kenapa saya gak maksa Teona buat ikut aktivitas yang dia gak mau. Misal, masuk ke goa. Lha wong saya aja gak suka dan gak nyaman kalo masuk ke goa (kecuali goa hira mungkin ya). Apalagi Teona yang masih bocah. Saya gak akan larang tapi kalo dia gak mau ya gak akan saya paksa. Selama hukumnya fardhu a’in. Hoho. Pelita Village very highly recommended.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

14 thoughts on “Pelita Village, Ciseeng, Bogor (Fieldtrip 2016)

    1. Untuk ibu2nya sebenarnya ada kegiatan juga. Tapi itu dia, kalo saya tinggal trus (misal) anak saya benjol. Saya yg kena siraman rohani dari suami. Hehe. Jadi saya gak ikutan acara khusus ibu2 padahal gak kalah seru loh.

      1. yya juga mbak, masih kecil kuatir kenapa2. ntar dikira kitanya nggak bisa jaga anak. hehehe

        nah.. ada ternyata ya. 😀 kirain nggak ada kan ya mending ngikutin si anak.

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Frany…
    Theme blognya sudah bertukar ya mbak biar seru dengan tahun baru yang bakal menjelma. Tempat menulis komentarnya juga seperti sampul surat. Seperti menulis surat kepada mbak sahaja. 🙂

    Melihat foto-fotonya yang berwarna warni di atas, aktivitas yang dilalui Teona dan anak-anak itu sangat menarik dan menyeronokkan anak-anak. Betul mbak, kalau ada yang anak tidak suka jangan dipaksa nanti fobia. Saya juga tidak suka gua tetapi anak-anak semua menyukainya. Pengalaman di Gua Niah saya hampir pengsan kerana kegelapan dan bau najis burung kelawarnya.

    Bagus ya, sekolah Teona mempunyai aktiviti hujung tahun yang menarik walaupun di tempat yang sama. memang ngak kreatif tuh mbak….hehehe.

    Salam manis di penghujung pekan dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    1. Waalaikumsalam bu Hajjah Fatimah. Iya, Bu. Ganti theme 😊 Orang tua dituntut tidak boleh egois dan kaku. Baiklah, saya coba bersikap begitu. Saya pun sama bu Hajjah tak suka ke goa. Tapi penasaran berkunjung ke goa hira, karena kan tentu dijaga kebersihannya. Salam hangat dari Jakarta. Selamat long weekend, karena senin libur maulid Nabi besar Muhammad SAW.

  2. lucu amat itu bocah2 main tarik tambang hi..hi…
    kok lihat foto2 ini jadi pengen ikutan nyemplung nangkap ikan..
    outbound untuk dewasa bisa juga di sini?

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Franny…

    Didoakan sihat sejahtera. Masih liburan lagi ya mbak. Belum ada posting barunya. Ditunggu untuk kongsian yang bermanfaat.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

Leave a Reply

