Dokter Spesialis Anak-nya Teona

Kembali post tentang Teona. Cerita sedikit ya. Jadi kemarin itu Teona batuk pilek sebulan! Yak sodara2, biasanya seminggu dua minggu sembuh. Ini sebulan lamanya. Sepele emang, toh tanpa demam. Hanya saja mengganggu banget, apalagi batuknya batuk berdahak. Yang mana ini anak cuma bisa keluarin ingus aja, keluarin dahak dari mulut gak bisa *duh. Karena udah pernah tebus copy resep obat yang terdahulu dan gak mempan alias gak sembuh2. Jadilah ‘sowan’ ke dokter spesialis anak (selanjutnya kita sebut DSA ya)  yang juga hadir dan turut membantu persalinan Teona dulu. Beliau juga adalah kakak ipar temen baik saya. Lengkap sudah nama Teona terekam dengan baik di memory si DSA. 

Karena kenal baiikkk banget, saya termasuk sering mau itu vaksinasi ataupun konsul di luar jam praktek. Tapi kemarin saya hadir di jam praktek. Karena udah kenal, Teona nurut2 aja disuruh berbaring, diperiksa pake stetoskop yang digantungi kodok hijau kecil (lain waktu dia ganti panda kecil dan hewan2 lucu lainnnya. Sweet!) Lanjut periksa hidung dan mulut. Ini nih yg rada drama meronta -_-  Akhirnya Teona dinebulizer alias diuap. Feeling saya, Teona udah parno sama tabung yang tinggi gede itu. Jadi belum apa2 udah drama mewek2 *hadeuh. Solusinya, Teona ‘direjeng’ oleh saya dibantu dua orang suster *mintaampun. Satu suster pegang kedua tangan dan kaki. Saya pegangin kepala dan suster satu lagi megang dan mengendalikan alat nebulizer. Luar biasa!!! Setelah 30 menit, akhirnya selesai. Kemudian suster lanjut balur Teona pake balsam bayu, transpulmin di dada dan punggung. Saya sedia juga di rumah, bagus untuk bayi hingga batita. Lanjut nebus obat yang terdiri dari: obat racik, obat pengencer dahak, dan antibiotik. Teona sampe ketiduran karena ke dokter setelah pulang sekolah plus abis nangis mewek, capek doi. 

Ini pengalaman pertama Teona dinebu/diuap. Tapi gak apa2lah, untung gak sampe dirontgen atau cek darah seperti yang kami khawatirkan. Tiap kali Teona sakit, demam kek, batpil kek, gatal kek, dan lainnya. DSA Teona ini langsung memeriksa detil dan setelah memberi diagnosa. Beliau menenangkan dan meyakinkan saya kalo Teona gak ada yang perlu dikhawatirkan. Anak2 biasa sakit ini itu, yang penting tidak yang parah gimana juga. Beliau tipe yang tau dan memahami banget kekhawatiran emak2 macem saya. Bahkan hal remeh seperti berat badan (BB). Selama tahun 2016, BB Teona tidak beranjak dari angka 15 kilo. Tapi DSA gak khawatir samsek, karena tinggi Teona cukup pesat, sekarang di 101cm. Sahabat saya yang dokter pun pernah menghitung prediksi tinggi Teona kelak yang hanya bisa saya amini. Teona sama kayak bpk-ibu nya yang lebih di tinggi badan bukan di BB *uhuk! Padahal emaknya luber2 BB nya. 

Selesai dinebu, capek nangis jadi haus.


Kayaknya saya pernah cerita sebelumnya, bapaknya Teona luar biasa kagum saat habis lahir dan mesti disinar karena bilirubin tinggi, DSA membalikkan Teona dari posisi telentang ke posisi tengkurap hanya dengan satu tangan. Kayak kalo kita lagi ngebalik telor ceplok di teflon. Haha. Kondisi saya saat itu tidurrr, capek abis operasi SC, pas diceritain gitu saya komen: ya udah biasalah, wong emang kerjaan dia tiap hari. Sampe saat ini dan entah sampe kapan selama masih cocok dan sehati *tapi moga2 gak sering2. Tentunya bakal tetep ke DSA Teona ini. Happy weekend all! πŸ™‚

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

10 thoughts on “Dokter Spesialis Anak-nya Teona

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Franny….

    Memang semua emak selalu khuatir kalau anaknya sakit tambah lagi yang masih kecil. Batuk
    selalu membuat kita rasa tidak nyaman dalam menjalani kehidupan harian dan membantut keceriaan. Saya doakan agar nak Teona kembali sihat dari batuk dan mesti makan obat juga antibiotiknya. Aamiin.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

Leave a Reply

