Idul Adha 2016 & Masjid Ramlie Musofa, Sunter, Jakarta Utara.

Alhamdulillah masih sampai umur di idul Adha tahun 2016 ini. Selamat idul adha 1437 Hijriyah. Semoga Allah mengampuni segala kekhilafan dan menerima segala amalan kita. Amin. Keluarga saya ber-idul adha di Jateng, sementara saya di Jakarta. Karena sholat ied jatuh di hari Senin dan Selasa bapaknya Teona masuk kantor. Kembali terasa sepi, karena tahun lalu idul Adha juga kami bertiga aja. Tapi tahun lalu ibu saya kirim makanan lebaran (baca: ketupat, opor ayam, sambel goreng, kerupuk udang) via go-courier. 

Tahun ini Saya memutuskan bikin menu ala ala saya aja: opor ayam, sayur labu, goreng krecek alias kerupuk jangek, kerupuk udang, dan emping. Tetep inget kolesterol kok, sulit menghilangkan tradisi hari raya dengan makan enak dan bersantan. Hehe. Besok balik ke menu pepes *menatapdaunpisang

Kalo tahun lalu kami sholat idul adha di masjid istiqlal, tahun ini kami sholat di masjid Ramlie Musofa, Sunter, Jakarta Utara. Kami sering banget lewatin masjid ini, karena lokasinya di pinggir jalan, tapi belum sempet mampir. Akhirnya diniatkan sholat ied di sini. Masjid ini terinspirasi dari bangunan Taj Mahal di India, berdiri megah di atas tanah 2.000 m2. Nama masjid Ramlie Musofa ternyata merupakan singkatan nama: (sumber: http://www.henrytjiang.com)

Ram: Ramli Rasidin

Lie: Lie Njoek Kim

Mu: Muhammad Rasidin

So: Sofian Rasidin

Fa: Fabianto Rasi

Sumber gambar: majalah asri

Keluarga muallaf ini mulai melakukan pembangunan tahun 2011 dan selesai bulan Mei 2016 lalu. Masjid ini merupakan impian Pak Ramlie sejak tahun 1970. Masjid ini mampu menampung 1000 jamaah. Memiliki ketinggian 35 meter dengan pualam yang didatangkan langsung secara bertahap dari Italia dan Turki. Di masjid dihiasi tulisan Indonesia, Arab, dan Cina. Yang mana belum pernah saya jumpai di masjid lain (sumber: liputan6.com).  Subhanallah. 

Kemarin di bagian wanita ada ibu2 tionghoa, tebakan saya non muslim mungkin masih ada hubungan keluarga dengan pemilik. Mengatur jamaah perempuan, ibu itu tidak mengenakan jilbab, hanya menyelempangkan shawl di bahunya. Tapi si ibu mengatur dan menjaga bagian wanita dengan baik hingga sholat ied selesai. Saat keluar, jamaah lain menyalami ibu itu, saya pun ikut menyalami. Bapaknya Teona cerita, pemilik pun hadir dan turut pula bersalaman dengan para jamaah laki-laki. Jamaah yang ikut sholat ied kemarin, ramai sekali, dari tangga masjid bahkan hingga ke jalan. Luar biasa. 

Masjid Ramlie Musofa

Jalan Danau Sunter Selatan 1

Blok 1/10 No. 12C – 14A

Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

19 thoughts on “Idul Adha 2016 & Masjid Ramlie Musofa, Sunter, Jakarta Utara.

  1. Kalau saya mah tidak dimesjid mbak sholat idul adhanya tapi diluar ruangan karena kalau dimesjid saya mah tidak muat kalau nampung satu RW jadi diputuskan untuk diluar ruangan yang luas yang bisa menampung satu RW.

  2. Selamat Iduladha Frany. Waahhh kereeen ya masjidnya. Aku tadi mbatin, kok ga pernah lihat masjid ini ya, padahal aku pas di Jakarta tinggal lama di Sunter. Ternyata baru mulai bangun tahun 2011, sedangkan aku pindah ke Surabaya tahun 2012.

      1. alhamdulillah sehat mbak, lagi persiapan batin buat lahiran, baca2 cerita orng lahiran lalu mulai cemas, udah kepikiran sakit duluan,hehe mohon doanya semoga proses lahiran saya dilancarkan ya mbak 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s