Transportasi online


Kota2 besar di Indonesia tentu akrab dengan transportasi online apapun jenisnya. Saya salah satu pengguna, kadang transportasi online atau transportasi konvensional sama saja, mana yang lebih cepat dan tersedia di depan mata. Gak hanya mobil atau motor, bajay juga sekarang bisa dipesan online. Keren ya. Daripada sirik dengan transportasi online, ada baiknya transportasi konvensional memberikan promosi, fasilitas, bahkan penawaran yang menarik sehingga masyarakat tidak melulu mengandalkan transportasi online.

Selama bulan Juli, saya menjadi shopping guide (bisa jadi peluang profesi baru nih) untuk kakak ipar saya. Seluruh tempat belanja dari mall2, ecer sampe grosir kami singgahi. Menggunakan transportasi online feat transportasi konvensional kami coba, yang penting cepat sampai tujuan. Kakak ipar yang tinggal di Padang cukup menikmati menggunakan fasilitas taksi online, karena di Padang gak ada. Kakak ipar bilang, “segitu mudahnya ya.” Burung biru masuk kota Padang aja pro dan kontra, padahal legal. Gimana transportasi online, bisa pada rusuh. Padahal jaman sekarang yang penting itu inovasi dan persaingan sehat. Kalo dikit2 sirik trus rusuh gimana mau maju ?!

Begitu juga saat Saya mudik ke Salatiga-Solo-Klaten-Jogja kemarin. Okelah ada pramex tapi kalo weekend penuhnya kayak naik commuter line di pagi hari weekdays. Karena gak sejam sekali. Menggunakan travel pun kurang nyaman di hati. Beda bangetlah sama travel2 Jakarta-Bandung. Ujungnya rent car demi menunjang lancarnya acara nyekar dan silaturahmi. Akhirnya, Saya pun merindukan pesan transportasi online dari ujung jari saya. Hehe. Beneran Saya utak-atik loh misal lagi ada di kota berbeda. Kebiasaan ;p Kalo kendaraan pribadi mutlak nyaman, transportasi online karena digandrungi jadi service excellent, nah tinggal transportasi konvensional nih yang mesti ngejar. Sementara ini kemajuan yang Saya lihat udah ada kemajuan, mulai dari transjakarta, APTB, commuter line, dan lainnya. Begitupun yang Saya lihat di transSolo, transJogja, dan transPadang. Seenggaknya itu contoh2 yang pernah Saya lihat. Semoga trans daerah2 lain segera menyusul ya.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Transportasi online

Leave a Reply

