Jika batita/balita muntah

image

Muntah pada batita/balita berdasarkan pengalaman ecek-ecek saya, bisa dilihat gejala awalnya. Orang awam menganggap muntah hal biasa, tapi menurut saya kenali dulu gejala muntah-nya. Misal:
1. Anak terjatuh lalu muntah atau kejang WAJIB dibawa ke UGD RS terdekat.
2. Muntah spontan, lagi biasa aja, main atau aktivitas lain tiba2 crootttt muntah. Jeda muntah berdekatan dengan frekuensi sering, pengalaman saya dulu jeda per satu jam. Segera bawa ke UGD RS.
3. Muntah dengan mual, huek huek lalu keluar muntah dengan jeda muntah berdekatan dan frekuensi sering. Pengalaman saya kemarin ini per 10-15 menit. Bener2 ngebut ke UGD RS.

Kenapa 3 poin di atas wajib dibawa ke RS. Muntah pada anak adalah reaksi yang tidak biasa pada anak yang menurut Saya mesti segera dibawa ke RS karena rentan kekurangan cairan alias dehidrasi. Pengalaman kemarin, dengan frekuensi muntah yang terlalu dekat mengakibatkan dehidrasi ringan, yang bahaya kalo sampe dehidrasi akut *amit2 naudzubillah.

Saat-saat seperti itu adalah panic attack, di satu sisi pengen segera bersihin bekas muntah tapi di sisi lain mesti ngebut ke RS. Di situlah kerjasama suami istri diuji. Kalo semua suruh istri yang urus bisa modyar. Segeralah membawa segala kebutuhan anak ke dalam satu tas besar, esp kartu RS dan buku vaksinasi. Baru setelah itu bisa segera ditindaklanjuti. Pegangan saya ada dua: jika anak muntah dengan jeda berdekatan dan demam di atas 38 derajat segeralah dibawa ke UGD RS terdekat dari rumah, jangan sampai terlambat. Sama sajalah dengan orang dewasa pada prinsipnya, bila ada yang tidak beres dengan kesehatan, langsung ke dokter spesialis atau RS. Lebih bagus bila punya nomor telepon personal (no HP) dokter spesialis yang biasa kita datangi. Sewaktu-waktu *amit2* terjadi hal2 yang tidak biasa bisa hubungi langsung, tapi menghubunginya tetap pake etika ya. Jangan sampe di jam2 istirahat atau hari libur mendera-dera, yang penting bisa baca situasi dengan bijak, mana yang memang daturat mana yang masih bisa ditindaklanjuti esok hari. Jangan sampe deh ketemu situasi darurat apalagi menyangkut anak, antisipasi jaga2 banget kesehatan, kalo saya cukup tegas dan galak soal jaga kesehatan. Itu aja masih kecolongan, 2x kondisi darurat anak.

Poin pentingnya 2: waspada dan tindakan cepat. Waspada maksudnya selalu memantau makan, jeda makan, minum, susu, aktivitas, lingkungan, dan lainnya. Tindakan cepat maksudnya, kalo udah kelihatan beda dari biasanya, jangan kebanyakan mikir, bawa langsung ke RS. Memang segala sesuatu sudah digariskan YME tapi ikhtiar semaksimal mungkin wajib juga dong.

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Jika batita/balita muntah

    1. Bener, karena gejalanya beda2. Pengalamanku juga bikin panik yg bikin diri sendiri bilang: ke RS deh ini, ngeri. Takut kenapa2 sampe parno ngebayangin yg enggak2. Jadi mending kontak dokter spesialis anak, info kondisi terkini, sambil jalan ke RS. Huhu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s