Selamat tinggal pospak (popok sekali pakai)

image

Pasca lahir hingga usia 3 bulan, Teona pakai popok kain. Setelah itu, Teona menggunakan 2 popok pengganti: clodi (cloth diapers) dan pospak (popok sekali pakai) merk p*mpers, m*myp*k*, dan lainnya. Saat ingin memutuskan menggunakan clodi pun saya browsing2 dan tanya sana sini. Alhamdulillah Teona aman2 aja pake clodi. Justru pake pospak suka bikin ruam kemerahan jadi mesti pake cream khusus sebelum pake pospak 😦 Akhirnya setelah 2,5 tahun pake pospak, saatnya mengucapkan selamat tinggal pospak 🙂 Alhamdulillah wa syukurilah. Jangan dikira toilet training si Teona mudah ya. Penuh omelan dan energi yang luar biasa. Ya pasti aja ngomel apalagi tipe kayak saya yang galak binti judes. Energi yang luar biasa yang saya maksud di sini:
1. Ngepel bekas ompol di lantai
2. Nyuci celana hingga sprei yang pastilah harus segera dicuci kalo gak baunya susah hilang
3. Bolak-balik tatur (ajak Teona ke toilet untuk pipis/pup 1-2 jam sekali)

Saya sampe bilang ke bapaknya, Teona sapih alami seperti post terdahulu pernah saya cerita gampangnya sampe saya gak sangka2. Tapi toilet training ini bikin saya lelah jiwa raga. Alhamdulillah Allah mengabulkan doa saya, sudah 2 bulan ini saya gak beli pospak plus Teona gak lagi pake pospak. Pelan2 tapi tegas memberi pengertian ke Teona untuk pipis/pup di toilet tanpa ngompol. Teona duluan bisa bilang kalo mau pup di toilet tapi pipis lumayan lama dia bisa bilang dan mengendalikan rasa ingin pipisnya.

Intinya semua anak insya Allah pasti bisa lepas pospak hanya proses sebentar atau lama yang berbeda-beda. Anak saya membutuhkan waktu agak lama hingga benar2 lepas pospak. Syukurlah jadi stock pospak dan stock cream bisa dilungsurkan ke orang lain. Tinggal stock sabar saya nih yang mesti dibanyakin, beli sabar di mana ya?! 😉

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

8 thoughts on “Selamat tinggal pospak (popok sekali pakai)

  1. Cobaan jd ortu emg lain2 yo. Ada yg gampang nyapih, tp tantangan ada pada toilet training 🙂 Anakku pake clodi jg dr lahir. Giliran masuk 3 bulan malah klo malam pake pospak 😦 spy lbh tahan lama keringnya = tidur ga terinterupsi. Ada tips seputar clodi?

    1. Iya betul. Ujiannya beda2 tiap anak. Tips seputar clodi, insert dan luarnya dicuci pake deterjen khusus baju baby *lupa euy namanya. Menjaga insert tetep lembut. Pokonya jangan pake deterjen biasa. Itu aja sih.

Leave a Reply

