Resep: Carang Gesing

Saya selalu suka masakan ibu saya, tentu semua orang begitu ya. Setiap abis nginep di rumah orang tua Saya, ibu selalu menyiapkan bekal makanan untuk saya bawa pulang. Bekalnya apapun itu, mulai dari tahu Bandung, ayam ungkep, tumis pare, tumis daun pepaya, dan masih banyak lagi. Kemarin salah satu bekal saya adalah carang gesing. Carang gesing berbahan dasar pisang dan cara masaknya dikukus. Enak dan sehat.

Resep Carang Gesing (gak ada takaran pasti, kira2 aja)
Bahan:
– Pisang kepok
– Santan
– 1 butir telur
– Gula dan garam secukupnya
– Vanili
– Daun pandan
– Daun pisang
– Stepler

Cara masak:
1. Taruh santan dalam mangkok besar, masukkan pisang yang telah dipotong kecil2.
2. Masukkan gula, garam, dan vanili. Terakhir masukkan kocokkan telur, gunanya untuk mengikat adonan.
3. Siapkan daun pisang yang telah dilap dengan kain bersih, masukkan daun pandan yang telah digunting kurleb 5cm.
4. Masukkan adonan pisang, bungkus, tutup rapat kunci dengan stepler.
5. Panaskan kukusan terlebih dahulu, masukkan carang gesing kukus 20 menit. Angkat, sajikan.

image

Carang gesing ini sedap disajikan hangat atau dingin, sesuai selera untuk cemilan. Carang gesing ini, resep asal kota Klaten, tepatnya daerah Pedan. Dulu, almarhum kakek tercinta saya punya toko buku di Pedan, maka keluarga saya mengenal makanan carang gesing ini. Silakan dicoba untuk alternatif sajian cemilan yang dikukus. Bahannya mudah didapat dan cepat mengolahnya.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

18 thoughts on “Resep: Carang Gesing

Leave a Reply

