Perpustakaan Umum Daerah PemProv DKI, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Central Jakarta.

Hari minggu kemarin, Saya dan Teona pergi ke perpustakaan umum Daerah PemProv DKI di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini memang ada di kawasan TIM, yang bersebelahan gedungnya dengan Planetarium. Kami berdua berangkat jam 8.46 menggunakan grabbike dan sampai di TIM jam 09.04 tepat saat buka. Ongkos perjalanan 11.000 saja, plus tip saya genapkan 15.000. Murce! Masuk disambut security yang baik2 menyapa Teona lalu isi buku absen, lihat2 gallery di lantai dasarnya. Tempat untuk anak2 ada di lantai 2, bisa menggunakan lift ataupun tangga. Saya pilih menggunakan tangga, iyalah masih pagi, manja bener šŸ˜‰

image

image

image

Masuk perpustakaan, kita diminta menukar KTP Jakarta dengan kunci loker untuk menaruh tas, jadi yang dibawa hanya bawa uang dan HP trus cus naik ke lantai 2. Ada ruang baca buku, ruang bermain block, lego, mainan kayu edukatif, dan sejenisnya. Tentunya yang Saya tau pasti Teona bakalan exciting: playground indoor! Bener aja dong, anaknya langsung semangat 45 menjelajahi semua di arena playground. Isi playground: ayunan, bola melayang, mobil2an, skuter, perosotan, flying fox. Lantainya pun aman selain karpet dan puzzle, lantainya dibikin peta Indonesia yang tepinya kids friendly. Playground hanya untuk anak maksimal 5 tahun, disekat kaca, dan ada petugas yang jaga. Kalo mulai bosen, kita keluar dari playground trus main lego atau baca buku. Total di perpus, 3 jam! Jam 11.00 tepat, Teona engap, minta susu. Saya bilang, kalo udah capek kita pulang yuk. Setelah anaknya setuju, turun ke lantai dasar ambil tas di loker, minum susu sambil saya pesen ojek online pulang. Makan dan minum hanya boleh di lantai dasar.

image

image

image

image

image

image

image

Semua fasilitas yang saya sebutkan itu GRATIS saudara setanah air. Kemana aja dana yang dihabiskan gubernur2 DKI sebelumnya sampe baru saat ini, PemProv Jakarta punya perpustakaan sekeren ini??!! *seriusnanya.Transportasi menuju perpustakaan PemProv DKI ini dilewati kopaja 502 jurusan Tanah Abang-Kampung Melayu, ojek online, dan bajay. Bila menggunakan commuter line bisa turun di stasiun Gondangdia atau warga luar Jakarta bisa naik kereta antar propinsi dan turun di stasiun Gambir. Soal kuliner, kawasan Cikini menyediakan segala rupa kuliner. Seberang TIM pas ada resto warung daun dan mall terdekat dari TIM adalah Menteng Huis.

Hmmm, apalagi ya info tentang perpus ini.. Wajib dibawa itu KTP dan kaos kaki. Kalo mau pinjam buku daftar keanggotaan dulu. Jam operasional perpustakaan PemProv DKI :
Senin – Jumat: 09.00 – 20.00
Sabtu – Minggu: 09.00 – 18.00
Hari libur Nasional: TUTUP
Akhir kata, terima kasih banyak Saya berikan kepada Gubernur Ahok yang udah bikin perpustakaan kece ini.

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Perpustakaan Umum Daerah PemProv DKI, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Central Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s