Bridesmaid

Saya punya adik perempuan yang belum menikah dan dia lumayan sering diminta tolong jadi bridesmaid. Bridesmaid belum lama ini aja kok ngetop di kota besar di Indonesia. Yang mana tentu aja diadaptasi dari budaya barat, kayak dari film 27 bridesmaid dress *itu bukan sih judulnya?! Lupak. Jaman duluuu banget, ketika pernikahan masih lazimnya tradisional sesuai adat, dikenal among tamu. Tugasnya menyambut tamu undangan yang baru sama hadir dan mengucapkan terima kasih sambil nguntapke tamu undangan pulang.

Lalu di tahun 2000-an, muncul ide seragaman. Misal temen2 sekolah yang dulunya se-genk, dikasih bahan kebaya seragam atau temen2nya yang inisiatif beli kembaran, atau menyamakan dresscode warna baju, dan semacamnya. Saya tuh sampe sekarang masih menyesuaikan aja sama genk *cariaman ;p Nah, belakangan ini baru deh muncul bridesmaid ala2 ngikutin barat. Bridesmaid pun gak melulu gaun tapi sah juga kalo berkebaya. Biar gimana dan apapun istilahnya, tetep aja ini Indonesia toh. Contohnya adik Saya sibuuk cari penjahit yang bisa nyelesein baju bridesmaid dalam waktu seminggu. Calon pengantin akan memberikan seperti ini ke para sahabat yang ditugaskan menjadi bridesmaid:

image

image

Model kebaya bridesmaid biasanya udah ditentukan calon pengantin, yang lagi hits sekarang tapi udah duluan hits jaman almarhumah nenek Saya dulu adalah: kutubaru. Karena judulnya mengadaptasi, maka bridesmaid tentu yang masih single. Karena saya tipe yang konvensional udah paling juara pake yang tradisional. Biar dibilang kuno tapi abadi sepanjang masa.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

9 thoughts on “Bridesmaid

  1. Owalaah Bridesmaid itu among tamu tho Frany. Ga ngeh aku haha. Dulu pas aku dan adikku kawin, among tamunya dari murid2 ibukku. Gampang dan ga ribet koordinasinya. Trus bajunya sewa, lebih ringkes dan hemat hehe.

  2. Aku pas kawin dulu ngasih seragam aka bahan ama sepupu yang emang kita pada deket ama sahabat 2 orang. Trus ada yang minta juga seraham temen gitu si tapi gak deket2 banget yoweslah toh kelebihan kan eehh berujung gak dipake juga ama dia.. Kesel!

Leave a Reply

