Memperbanyak produksi ASI

image

Masih berkaitan dengan post ASI tempo lalu. Saya mendapat cerita dari banyak tetangga, teman, dan kenalan. Tentang usaha2 mereka agar ASI mereka bisa banyak. Di luar makan makanan bergizi ya.

1. DISIPLIN WAKTU dalam memerah ASI. Pengalaman saya dulu, waktu dini hari hingga subuh adalah waktu di mana produksi ASI sedang banyak2nya. Saat itu juga kalo payudara (PD) terasa kencang dan sakit lalu saya pumping, hasilnya bisa seplastik sendiri loh. Lumayan banget kan. Bisa juga per 2 jam, per 3 jam, per 4 jam untuk pumping. Berbeda ya di tiap ibu.

2. SUSU ATAU SUPLEMEN PENAMBAH ASI. Ini cocok2an ya, cocok di ibu menyusui (busui) satu belum tentu berpengaruh di busui lainnya. Kalo saya pake mama soya dan madunya. Waktu itu saya beli di babyshop dekat tempat tinggal. Kayaknya sekarang banyak dijual online *) bukan promo atau endorse ya. Murni pengalaman pribadi

image

3. AKUPUNTUR. Seorang kenalan baik cerita usaha yang dia lakukan mati2an demi Umar, anaknya bisa ASIX 6 bulan. Dia mencoba akupuntur di Rumah Vaksinasi Pusat, di daerah kramat jati dengan dr. Elsa, SpA * silakan digoogling yaa. Saya beberapa kali vaksinasi Teona di situ. Bisa telepon langsung ke 021-87798431. Bisa juga konsultasi ke konselor laktasi atau Dokter Spesialis Anak Anda.

4. PIJAT PAYUDARA. Dulu pasca lahiran, para suster dengan telaten memijat PD dan mengajari saya cara menijat yang benar. Setelah dicermati, pijat PD gak cuma untuk ibu dengan ASI banyak yang juga berguna menyembuhkan mastitis tapi juga berpengaruh melancarkan produksi ASI pada ibu yang ASI nya kurang.

5. DOA. Niatkan doa kita agar ASI bisa cukup untuk bayi demi pertumbuhan dan perkembangannya. Karena tiada usaha yang sia2 tapi sia2lah usaha yang tidak disertai doa 🙂

6. BERPIKIR POSITIF. Penting banget ini. Ga usah membandingkan dengan busui lain. Inget aja, rezeki orang berbeda. Tapi selalu yakin dengan rezeki kita.

7. JANGAN CEPAT MENYERAH. Ini sih ga cuma buat busui aja ya, buat semua orang yang masih percaya Tuhan. Buat diri sendiri aja kita mati2an apalagi buat si buah hati kan.

8. SYUKURI JUMLAH ASI. Pasti suka minder kalo lagi pumping bareng trus busui sebelah jumlah ASI lebih banyak dari kita. JANGAN KUFUR NIKMAT. Gimana Allah mau kasih rezeki lebih kalo gitu.

Semoga post ini ga menyinggung siapapun karena memang ga bermaksud begitu. Sharing aja kok. Kalo ga berkenan silakan dilewati saja 🙂

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

3 thoughts on “Memperbanyak produksi ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s