Tips menyusui ala Frany

Bukan ahli laktasi hanya sekedar sharing sebagai ibu menyusui selama 21 bulan dan ibu donor ASI dari 8 anak. Karena saya hamil Teona full 9 bulan mual muntah, jadi saya tidak terpikir mau idealisme yang terlalu gimana. Keinginan saya saat itu hanya satu, bayi bisa lahir dengan selamat. Walopun harus melahirkan secara caesar karena air ketuban sudah keruh tapi kepala bayi belum masuk jalan lahir sehingga harus segera dilahirkan demi keselamatan bayi. Alhamdulillah banget, setelah lahiran, ASI saya langsung keluar dan buanyak sehingga bra saya selalu basah. Orang tua saya lama tidak mengurus bayi sehingga gak update tentang dunia laktasi. Saya dibantu adik saya yang cewek yang bertugas membelanjakan segala yang saya butuhkan.

Berikut daftar printilan yang saya gunakan ketika menyusui:
1. BANTAL MENYUSUI
Seorang sahabat memberi hadiah ini dan sangat berguna sekali! Posisi menyusui jadi jejeg. Bayi di posisi nyaman, ibunya pun nyaman. Jadi bayi tidak akan mengecap (mengeluarkan suara seperti mengecap-ecap yang berarti posisi salah dalam menyusui). Bisa dipake dalam jangka waktu lama. Tidak hanya untuk menyusui tapi juga jadi sarana saat bayi belajar duduk.

2. PHILIPS AVENTS SILIKON
Karena ASI saya selalu bikin bra saya kuyup. Jadi phiips avent silikon ini jadi pilihan. 7x seminggu 1×24 jam selalu saya pakai. Saya sering cuci ketika menuang ASI ke plastik ASI, keringkan, dan pakai lagi. Saarang berkeringat kecuali pas lagi jemur Teona baru deh ikutan keringetan, jadi terpaksa buang ASI kalo ragu kena keringat. Kecuali mandi baru silikon saya cuci bersih dan angin2kan.

3. PLASTIK ASI NATUR
Sebenernya buanyak banget merk plastik ASI di pasaran, saya karena dari pertama pake merk natur ini jadi keterusan pake merk ini terus. Tiap silikon yang saya pake udah kupyuk2 bahkan rembes langsung tuang deh ke plastik ASI.

4. BREASTFEEDING CREAM PALMER
Nipple luka tentunya tidak terhindarkan. Sebabnya karena menyusui saat tengah malam atau dini hari di saat udah ngantuk banget jadi gak jejeg nyusuinya. Saya obati pake cream palmer, ini juga rekomendasi sahabat saya.

5. NIPPLE SILK MAM
Selain cream saya menggunakan media lain agar tetap nyaman menyusui. Karena saya ga pake botol jadi bayangkan nipple digunakan menyusui bayi nonstop. Saya terselamatkan dan cocok dengan cream Walopun udah pake cream tetep aja kalo menurut saya ga nyaman kalo menyusui langsung dan ada sedikit keraguan walopun katanya cream tersebut food grade. Lebih baik mencegah, saya pilih pake nipple silk merk MAM. Saya udah coba merk lain seperti pigeon tapi saya gak nyaman.

6. BREASTPUMP TOMMIE TIPPIE
Seorang sahabat merekomendasikan breastpump merk ini. Ternyata bagus dan yang penting saya nyaman juga pakenya. Saya beli ini ketmastitis melanda. Mastitis adalah waktu di mana payudara (PD) terasa keras dan kencang akibat penumpukan ASI (mengendap) dan harus dikeluarkan dengan cara dipompa. Gak ada alasan tertentu juga beli yang elektrik.

7. COOLER BAG GABAG
Seperti bantal menyusui, cooler bag ini hadiah dari saudara yang Alhamdulillah kepake bangettt. Super happy kalo dapet kado yang bermanfaat. Itu juga salah satu alasan saya kalo kasih kado mesti rada dipikirin manfaat untuk yang saya kasih.

8. GENDONGAN + KAIN PENUTUP SAAT MENYUSUI *dan tidak ada nursing room
Ini juga memegang peranan penting kalo lagi di public area dan ga ada atau ga nemu nursing room. Menyusui bukan cuma membutuhkan niat *niat kalo di saya muncul belakangan, karena ASI terlanjur deres ;p Tapi juga ada etikanya loh, ga mungkin asal nyusui di sembarangan tempat tanpa ditutupi bukan.

Semua printilan ini relatif untuk masing2 orang ya, butuh atau gak butuhnya, nyaman atau tidaknya. Harga tidak saya cantumkan selain udah lupa dan gak update juga harga terkini berapa. Intinya semua breastfeeding stuff mesti bikin ibu dan bayi sama2 nyaman. Jadi menyusui dan bondingnya berhasil deh 🙂

PS: post ini gak ada sama sekali niat meremehkan ibu yang ASI nya dikit ya. Kapan2 saya bakal share usaha apa saja untuk nambah produksi ASI. Memberikan ASI balik lagi ke NIAT dan USAHA si ibu ya. Kalo bilang ASI sedikit keluar lalu keburu frustasi, depresi, dan ga tau mesti gimana. Silakan sufor aja.

image

image

image

image

image

image

image

image

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

3 thoughts on “Tips menyusui ala Frany

Leave a Reply

