Merawat orang tua

Note: postingan ini murni pengalaman pribadi orang2 terdekat saya.

Kalo kemarin2 pernah ngebahas cucu di bawah pengasuhan kakek-nenek. Sekarang dibalik gimana kalo orang tua si cucu ada di posisi yang harus merawat kakek-nenek dikarenakan sakit atau karena sudah sepuh. Inget, dalam hidup roda berputar. Pengalaman orang tua saya pernah 2 kali merawat almarhumah nenek dari ibu, almarhum kakek dari Ayah, dan sampe saat ini nenek dari Ayah. Kesimpulan saya melihat pengalaman hidup orang tua saya tsb adalah: TIDAK MUDAH, BUTUH KESABARAN, DAN MENGUJI KEPEDULIAN ANAK2 LAINNYA. Mau punya anak satu kek, lima kek, sepuluh kek. Saat orang tua sakit atau sudah sepuh adalah WUJUD PEMBUKTIAN BAKTI ANAK KE ORANG TUA. Alhamdulillah banget saya dapet teladan yang luar biasa dari orang tua saya insya Allah.

Kemudian pengalaman orang yg cukup dekat yang saya lihat, diceritakan. Lihat dalam artian, pernah menjenguk orang tua kerabat atau teman saat sakit di RS dalam kondisi masih sadar atau bahkan sudah koma. Subhanallah mereka juga tidak kalah luar biasa. Mungkin banyak versi untuk jadi anak yang baik, tapi yg saya tangkep: PEDULI SAMA ORANG TUA (DALAM ARTI HARAFIAH) INSYA ALLAH BISA DIKATEGORIKAN ANAK YANG SALEH/SALEHAH wallahuallam.

Post kali ini terinspirasi karena saya dapet beberapa cerita di keluarga besar yang intinya sama, merawat orang tua tapi para orang tua itu sakit karena sudah sepuh. Ibu saya bilang, perasaan anak pasti jadi campur aduk: sedih, terharu. Selama ini orang tua menjaga kita sekarang jadi kebalikannya. Ngenes karena pikiran mengapa hal ini bisa terjadi ke orang tua. Lelah, karena menjaga orang sakit/sepuh bukan hal mudah. Sensi, baper (bawa perasaan), karena semua-mua dimasukkin ke hati. Percayalah pada qadha & qadar. Semoga Tuhan selalu nemberikan yg terbaik untuk kita.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Merawat orang tua

  1. Jadi kangen nyokap deh , anyway saat ini oma aku ( ibunya nyokap ) dah terbaring lemas karena sakit tua.. Nah diantara semua anaknya cuma maunya ama nyokap doang katena dia bilang nyokap lebih telaten walaupun kadang suka dengerin curcol beliau .. Gemesa juga cuma yaaa emang harus sabar demi bakti ke orang tua

Leave a Reply

