Keluarga besar

Saya berasal dari super duper keluarga besar, yang mana guyub banget. Saya terdidik untuk silaturahmi gak hanya sama sodara tapi juga teman baik. Yang saya pahami dan yakini, silaturahmi memudahkan hidup kita. Dalam keluarga besar tentu aja ada yang sampe akrab banget ada juga yang biasa aja. Samalah kayak bertemen.

Gak semua orang berasal dari keluarga besar juga, ada juga yang gak akrab sama keluarga besarnya. Terlepas dari apapun sukunya. Terserah sih, urusan masing2 juga. Ada baiknya tetep saling menghargai, terutama kalo udah berumah tangga. Gak bisa juga kan gak mau gak mau kalo ada acara keluarga besar salah satu pihak. Keberatan kalo ada salah satu keluarga besar yang wafat untuk bertakziah walopun beda kota tapi hubungan  kekerabatannya deket banget. Dan hal2 semacam itu lainnya.

Saya mengkategorikan hal2 yang berhubungan dengan keluarga besar sebagai miscellaneous budget alias biaya tidak terduga. Karena kalo sampe gak dianggarkan dan ternyata di posisi seperti itu kan gak mungkin juga minjem uang, semaksimal mungkin jangan sampe ngutanglah ya. Amit2. Pola pikir seperti ini sudah terbentuk sejak saya udah bisa cari uang sendiri. Otomatis aja begitu dan kepake banget. Entah mengapa saya pun menganggap biaya tak terduga yang saya anggarkan termasuk kategori ‘investasi’ pahala *insya Allah. Investasi versi saya gak melulu uang atau logam mulia.

Sampai saya mati saya gak bisa gak silaturahmi, udah terdoktrin banget di otak saya. Silaturahmi itu wajib. Dan seakrab2nya kita sama tetangga atau teman. Keluarga kita udah paling tau deh kita gimana, tanpa perlu mengindahkan penilaian dari keluarga yang baru bergabung dalam arti harafiah. Kalo itu mah, lo mau nilai gue apa ya bodo amat. Tapi keluarga yang tau kita sejak lahir adalah segala-galanya.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Keluarga besar

Leave a Reply

