Cerita bimbingan tahap akhir

Yang tumbuh di akhir taun 90-an gue yakin pasti akrab sama yang namanya: pelajaran tambahan, bimbingan belajar, bahkan les privat. Gue pun akrab banget tuh pas SMP-SMA. Pas SMP emang disediakan dari sekolah, pelajaran tambahan sama les privat. Pas SMA cuma ada pelajaran tambahan doang. Masuk kelas 3 SMA pertengahan taun 2002 yg mana jurusan gue IPS, mulai hunting deh bimbingan belajar di luaran sana. Mulai dari yang standar macem prim*g*m*,  S*C, sampe int*n yang terakhir pake jaminan uang kembali kalo sampe ga lolos SPMB loh (ujian masuk universitas Negeri bersama).

Hari di mana gue mesti bayar uang masuk di S*C eh berbarengan jadwal tes masuk di bimbingan tahap akhir (BTA) di SMA Negeri 8, Jakarta. Yang mana seluruh anak SMA se-Jakarta bisa masuk tapi mesti lolos tes masuk. Gue pikir ya udalah, bayar bisa kapan aja tapi tes BTA ini yang ga kapan aja.  Sebagai informasi, di BTA SMA Negeri 8 ada klasifikasinya. Jurusan IPA mulai dari kelas A sampe Q (kalo gak salah inget) trus IPS kelas R sampe Z. Huruf awal adalah kelas2 unggulan dengan otak gemilang, huruf belakang ya pas2an. Jadi masuk situ dites bok, gak semua bisa masuk, semacem pre SPMB.

Hasil tes masuk itu gue lolos di kelas Y! Oemgiii, gue merasa bodohh banget dan maluuu banget kalo ditanya kelas apa. Eh jadinya gue batal deh bayar di S*C. Haha. Lanjut ke BTA SMA Negeri 8, ternyata semester berikutnya ada tes lagi, gue naik jadi ke kelas V. Huhuhu. Tetep aja tu huruf bontot ya kann *maluabis. Tapi ya udahlah gue pikir kepalang tanggung. Pengajarnya saat itu anak2 lulusan SMA Negeri 8 yang lolos SPMB dan mereka udah bercokol di universitas Negeri di seluruh Indonesia. Halah. Intinya, masa2 kelas 3 SMA itu study hard play hard. Secara kan ya, anak2 SMA se-Jakarta numplek di situ semua. Play hard maksud gue di sini jadi nambah temen plus bisa cuci mata. Kalo study hard ya pasti, berdarah-darah belajar kan tuh ya biar ga malu2in kalo ditanya kelas apa ;p

Ahh, seru pokonya. Apa kabar ya BTA di SMA Negeri 8 sekarang? Semoga makin seru dan kompetitif di kancah per-akademik-an di Indonesia *mulaingaco 😀

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

6 thoughts on “Cerita bimbingan tahap akhir

  1. Saya gak ikut bimbel sama sekali. Aneh? Gak aneh, karena gw anak stm. Aneh kalo anak stm ikut bimbel, haha..becanda. Gak kok, beberapa teman saya masuk bimbel bahasa Inggris, matematika, dan fisika karena memang mau niat lanjutin kuliah ke universitas negeri.
    Saya ikut bimbel, eh bukan, kursus bahasa setelah kerja. Gabung sama anak2 sma dan anak kuliahan rasanya jadi muda lagi hehe….

Leave a Reply

