Respect & empathy

Saya yakin banget kedua hal itu saling terkait dalam kehidupan sehari-hari. Kejadiannya pasti beda2 kondisinya di tiap orang. Kalo contoh di saya, dulu saya berteman baik dan sangat dekat. Lalu harus berhenti berteman. Lost contact. Tiba2 dapet kabar kalo salah satu orang tuanya tiada. Tentu saya mengesampingkan apapun yang pernah terjadi dulu demi berbelasungkawa. Kematian kan kiamat kecil ya, ujian terberat bagi setiap manusia.

Contoh lain, misal perceraian, bangkrut, atau paling cemen: putus dari pacar. Itu aja kita pasti respect & empathy. Poin utamanya, kita bersedia menurunkan ego dan mengesampingkan perasaan (sakit hati misalnya). Kita bisa kenal, berteman baik, lalu gak berteman lagi. Itu kan sudah digariskan, bentuk pelajaran atau ujian buat kita dan teman. Walopun ya tetep aja berat ya menanggalkan perasaan yang udah tersakiti. Saya juga pasti ada rasa sakit hati sama orang, pengen dia dapet karma karena udah jahat sama saya. Tapi balik lagi, siapa gue?! Biar ajalah gusti Allah yang mbales. Pernah kejadian di kamu juga? Kalo gak pernah, how lucky you 🙂

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

2 thoughts on “Respect & empathy

  1. aku pernah diposisi yang salah berkali2 minta maaf turunin ego buat tetep ngucapin ultah dikala dia ultah, lebaran dll..tapi yang bersangkutan kaya dah nutup diri banget dari aku. yoweslah..sampai ditahap bingung mesti gimana lagi. tapi tiap orang kan punya kapasitas perasaan masing2 jadi let it be..iklasin aja walau ya gitu deh hueheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s