Hospitality

Hospitality menjadi industri yang penting dan mayoritas pada masa sekarang. Hina rasanya kalau seseorang yang bekerja di industri tersebut tapi malah tidak service excellent. Dari beberapa blog yang pernah saya baca, sering sekali pengalaman orang yang merasa diperlakukan sebelah mata karena penampilan saat ingin membeli. Itu salah satu contoh tidak service excellent. Baru jadi pramuniaga di toko brand terkenal saja sudah bisa memperlakukan customer seperti itu, apalagi kelak jadi pimpinan?!

Pengalaman saya saat bukber with besties kamis minggu lalu di resto Marche, Grand Indonesia langsung membuat saya mem-black list resto ini. Berkonsep seperti resto Urban Kitchen di Senayan City. Saat masuk resto Marche saya diberi 2 kartu, satu untuk saya, satu untuk Teona. Begitupun teman yang datang bareng saya juga bersama anaknya. Lalu kami bilang untuk sekian orang plus sekian anak. Awalnya mereka tanya kami sudah reservation belum? Saya bilang, kalo teman saya coba reservasi tapi dari pihak Marche bilang tidak bisa reservasi lagi, entah apa alasannya. Kamipun ditempatkan di meja yang tidak sesuai dengan jumlah orang yang kami sampaikan dan jauh dari kids playground seperti yang kami minta. Akhirnya saya INISIATIF menambah beberapa kursi di ujung meja antisipasi teman2 lain berdatangan dan tidak dapat kursi. Masa iya berdiri?! Tidak lama ada petugas laki2 yang menegur saya karena menambah kursi. Saya bilang kalau jumlah kami tidak sesuai dengan kapasitas meja dan kursi yang diberikan. Kemudian anak2 kami taruh di kids playground sementara saya dan teman keliling memesan makanan dan minuman. Kursi2 tambahan di atasnya saya taruh tas dan barang lain, karena kejadian tadi. Sumpah di takor (kantin kampus) saya juga gak gini2 amat. Pas balik ke meja ternyata ada dua petugas laki2 yang SUDAH MEMINDAHKAN kursi tambahan beserta barang2 di atas kursi tambahan TANPA seizin saya!!! Tentu saja saya langsung galakin. Salah satu petugas, bukan petugas sebelumnya, bilang kalo akan memindahkan kami ke meja yang 8 kursi plus dekat kids playground. Yang mana pas di awal kita minta begitu tapi petugas perempuan yang melayani kami bilang kalo meja di sekitar kids playground sudah reserved semua! Dan salah kami tidak reservasi terlebih dahulu. HELLOOOO..

Tidak lupa salah satu petugas laki2 tadi menyelipkan kata2: “… sabar ibu, kita sama2 puasa, saya juga puasa.” Ekspresi dia mengantisipasi saya yang udah galak dan ketus. Kalimat yang indah untuk melayani customer bukan?!

Kamipun pindah meja dan memang bersebelahan dengan kids playground. Tapi masalah tidak selesai di situ saja. Saya membawa rempeyek yang dimaksudkan untuk cemilan rame2 selingan makan. Posisinya kami sudah siap dengan makanan dan minuman masing2 yang telah kami order di resto Marche. Saat lihat kami bawa cemilan lain, petugas perempuan mendatangi kami untungnya dengan sopan dan baik. Meminta cemilan yang dibawa untuk dimasukkan ke dalam tas. Saya tahu dan paham mungkin itu tidak sesuai SOP, tapi ini event bulan puasa loh bukan kondisi normal hari biasa. Menurut saya sih ga perlu sekaku itu.

Saya cerita ke bapaknya Teona tentang kejadian di resto Marche. Responnya:
1. Rasanya tidak pantas dan GAK PENTING banget petugas laki2 itu bilang seperti itu ke customer. Emang jadi bikin gak simpatik.

2. Suami cerita dia dan teman2nya seting juga bawa makanan dari luar resto, contoh: saat bukber di resto ayam goreng Suharti, Menteng. Salah seorang teman beli gorengan di luar resto dan dibawa ke dalam, pihak resto santai. Kan yang penting kita tetap beli makanan dan makan di situ.

Jujur saya jadi males dan kapok. Menurut saya, terkesan arogan sekali ya pihak resto itu. Customer adalah raja tapi saya pun ga akan semena-mena atau asal main bawa makanan dari luar juga kok kalo ngumpul di hari biasa kondisi normal. Semoga kedepannya bisa memberikan service excellent untuk customer lain kedepannya.

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s