Tengen (bahasa jawa)

Tengen (bahasa jawa) yang berarti gampang terbangun bila ada suara. Saya gak tau istilah ilmiah nya apa. Teona adalah anak yang teramat tengen sejak bayi. Fyi, saya dan suami gak ada yang tengen. Tidur yah tidur aja, kalo petir menggelegar baru kebangun, hehehe. Selidik punya selidik, Teona menurun tengen dari ibu saya. Eyang putri (ibu saya) ini, tengen bangettt. Beliau pun heran kenapa malah nurun ke cucunya.

Sewaktu bayi, Teona menyusu bisa full 3 jam bahkan lebih. Saya dari kenyang habis makan nyusui dia sampe laper lagi. Hahaha. Setelah tidur lelap, saya beranjak tapi menimbulkan suara agak keras. Selesai sudah, Teona akan kebangun. Ada yang bilang pas Teona kriyep2 setelin musik sayup2, saya coba hasilnya dia gak jadi tidur! Saran sesat. Akhirnya memang mau ga mau menciptakan suasana tidur yang kondusif. Semakin besar untungnya gak terlalu tengen. Kecuali di tengah tidur ada suara petasan atau kembang api, dia bakal kaget, bangun, dan panik! Bulan puasa ini seriinggg banget kan itu petasan atau kembang api. Pe er banget buat saya nenangin Teona. Seperti dini hari tadi, suara kembanh api sahut2an, Teona kebangun dan panik. Kita udah tenangin akhirnya tenang juga sih.

Tapi tenang, tengen bukan penyakit kayak LGBT yang lagi heboh belakangan ini kok. Saya malas mengikuti atau berkomentar soal itu. Gak penting! Jadi seiring berjalan waktu dan semakin besar si anak, tengen ini akan menyesuaikan atau bahkan hilang dengan sendirinya. Well, every kid always have plus and minus their own.

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

11 thoughts on “Tengen (bahasa jawa)

  1. sepintas ngeliat judulnya penasaran soalnya setahunya saya “tengen” artinya “kanan” 🙂
    ternyata ehh ternyata 🙂
    ternyata ada arti yang lain juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s