Anak berbakti = bisa diandalkan

Dari pengalaman yg saya lihat baik keluarga sendiri atau sahabat bahkan kolega. Pasangan suami istri bisa punya anak berapa pun, di sini saya ga membahas bagi yg belum atau tidak punya anak ya. Misal pasangan suami istri punya 10 anak dan semuanya sukses tapi pasti ada satu atau beberapa anak saja yg bisa diandalkan. Seorang sahabat baik adalah satu dari tiga bersaudara, tapi sepengetahuan saya hanya teman saya yg diandalkan orang tuanya.
Kenapa gitu ya?

Menurut saya udah hukumnya. Seperti di mana di setiap keluarga pasti aja ada satu orang yg beda dari yg lain. Jadi ya pada umumnya tidak semua anak yg dilahirkan dalam satu keluarga bisa diandalkan. Jadi yg bisa diandalkan udah pasti berbakti? Menurut saya: SUDAH PASTI. Bisa diandalkan itu kan udah pasti karena pengertian dengan kondisi orang tua atau keluarga lain. Dan menjadi berbakti bukannya bisa diakui oleh seseorang tapi statement tsb bisa didapat karena penilaian orang terdekat atau sekitar.

Ada anak yg bisa diandalkan karena memang niat atau berkeinginan begitu namun ada pula yg tanpa direncanakan harus berada di posisi tersebut. Saya pernah dengar kisah nyata, di mana seorang anak laki2 sudah established di US. Suatu waktu dia mendapat kabar Ayahnya sakit keras, anak laki2 tsb meninggalkan hidupnya yg mapan di US dan kembali ke Indonesia untuk merawat Ayahnya hingga akhir hayatnya. Pada akhirnya menjadi anak berbakti memang menjadi pilihan.

Satu lagi poin penting, menjadi anak berbakti bukan saja diwajibkan tapi secara sadar ataupun tidak, dilalaikan. Yg terpenting adalah MAU, mau menyempatkan waktu, mau repot, mau berbagi, dan mau untuk tulus. Kalo saya? Saya masih berproses ke arah situ. Saya justru masih sering banget ngerepotin orang tua saya, masih mbok-mbok’en.

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Anak berbakti = bisa diandalkan

Leave a Reply

