Perpustakaan

Selama hidup, saya tentu saja pernah menghabiskan waktu di perpustakaan selain perpustakaan saat sekolah. Walopun bukan kutu buku, Tapi ‘semedi’ di perpustakaan utk ngerjain tugas atau pas pengen sok research tuh asyik juga. Maaf reviewnya minim foto, kepikiran aja pengen sedikit review. Berikut di antaranya:

1. Perpustakaan FISIP UI, Depok. Lokasinya tepat di tengah fakultas, dikelilingi semua gedung, mulai dari gedung A sampai gedung H. Saya mengalami fase perpustakaan lama dan perpustakaan baru. Sempet direnovasi lebih modern minimalis seperti beberapa ruang kelas yg sudah diperbarui. Masuknya selain titip tas jg harus kasih Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yg diambil kembali saat keluar perpustakaan. Di dalam bisa pake macBook yg lumayan banyak juga buat yg gak bawa laptop atau Kalo pengen sekedar browsing. Di luar perpustakaan pun disediakan colokan listrik mengingat rata2 mahasiswa membawa laptop. Kami menyebutnya ‘selasar’. Jd kalo baru sampe kampus, sms temen: ” di mana lo? Dan saya akan dapat balasan: “selasar” artinya di sekitaran perpustakaan, puterin aja tu perpustakaan pasti ketemu. Perpustakaan ini punya banyak arti untuk saya, bernilai memori tinggi.

2. Perpustakaan Pusat UI, Depok

image

Foto di atas saya ambil masih dalam bulan ini saat wisuda adik bungsu saya. Bangunannya megah, paling gak menurut saya. MacBook di dalem banyak bangettt. Di dalamnya ada beberapa restoran, outdoor cafe, Starbucks, minimarket, dan toko buku. Perpaduan perpustakaan dan tempat nongkrong, seru sih emang nongkrong di situ *ga sadar umur* Sayang saat perpustakaan ini selesai dibangun saya sudah lulus, jadi gak sempet menikmati.

3. Perpustakaan Nasional, Salemba, Jakarta Pusat.

Seperti biasa mesti jadi anggota dulu, gratis. Keliatan banget ini perpustakaan lama, entah gimana sekarang. Pengalaman saya tahun 2010 yg lalu, perpustakaan ini tutup jam 17.00. Saya yg selalu datang jam 16.00 sore berharap masih punya waktu sejam tp kenyataannya jam 16.30 sore petugas yg jaga bilang ke saya kalo mau tutup! Korup waktu 30 menit! Mengesalkan. Semoga sekarang sudah berubah yah. Karena kapok di situ jadi saya pindah ke lain hati. Hehehe.

4. Perpustakaan Umum, seberang Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Hati saya pindah kesini! Saya lupa tahu perpustakaan ini darimana, yg pasti teman2 saya pun mengakui perpustakaan tsb asyik bgt. Letaknya gak jauh dari Stasiun Cikini dan Megaria. Masih satu lokasi sama kantor marketing politik ngetop. Orang bilang mirip perpustakaan di luar negeri, saya gak tau jg ya, kalo ke luar ga pernah mampir ke perpustakaan sih, hihihi. Oh ya, perpustakaan ini lengkap bahkan bisa request Kalo buku yg kita cari gak ada di situ. Yg paling saya suka, weekdays buka sampe jam 20.00 dan Sabtu sampai jam 15.00. Asyik bgt kan, gak perlu tarik urat sama yg korup waktu *ups

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

4 thoughts on “Perpustakaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s