Susah makan = Gerakan Tutup Mulut (GTM)

Sejak tumbuh gigi, Teona jadi susah makan. Rada shock karena sebelumnya Teona pemakan segala. Gerakan Tutup Mulut (GTM) dimulai, sebagai ibu yg pengertian ribet sendiri, gue nanya ke temen, keluarga, sampe dokter. Hal ini biasa terjadi dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan. Teona gak tutup mulut untuk susu UHT dan biskuit r*gal. Kalo idealnya 3x makan berat+2 snack time. Untuk anak GTM tidak bisa menerapkan pola seperti itu. Kalo gue, per 2 jam gue kasih makan (apapun jenisnya). Biasanya gue menyiapkan beberapa jenis makanan selain nasi+sayur+lauk yang cuma laku beberapa suapan. Jadi mesti siap:
1. Kue: cake, bolu, dan sejenisnya tapi tidak untuk kue basah karena Teona gak suka semacam lapis tepung beras atau kue bugis.
2. Roti: Teona suka banget roti sobek manis, croissants, roti gandum, segala roti dia mau.
3. Bubur kacang hijau, karena gak suka bubur sumsum.
4. Buah: itupun moody banget untuk jenisnya. Biasanya gue siapin 2 jenis.
5. Puding: idem sama buah.
6. Cemilan lain: french fries, donat, perkedel, nugget homemade, dan sejenisnya.

Sementara ini Teona udah kenal sama makanan ringan, permen, es krim, dan coklat. Tapi gak berteman baik alias gak gue biasain. Biar aja dengan makanan rumahan dulu, masih banyak waktu untuk makan jenis itu kedepannya.

Terus terang walopun kadang gue selengekan tapi gue gak bisa cuek dengan GTM, orang bilang biasa tapi buat gue ini termasuk ujian. Jadi menurut gue harusnya si ibu memutar otak dan mengasah keterampilan untuk mengalahkan GTM.

Setelah gue telaah dengan baik, maksa si Teona makan bukan solusi yang ada malah membahayakan. Manalagi si Teona ini paling suka kalo disayang dan dimanja. Jadi walopun emosi mesti tetep sok kalem deh gue.

Sebenernya ini analisa serampangan based on pengalaman gue. Kali aja ada yang lagi di posisi yang sama kayak gue, tetap semangat!

Advertisements

Author:

Jakarta, Indonesia - I'm a yellow jacket almamater - Ibunya Teona - 30% workingmom 70% motherhood.

11 thoughts on “Susah makan = Gerakan Tutup Mulut (GTM)

  1. Iya memang, kalo anak gak mau makan, kita nya jadi gak tenang. Orang bisa aja bilang, gak apa itu, biasa itu, tar jg seleranya balik sendiri. Tapi tetep aja kita kepikiran. Gak pengen anak gampang sakit krn gizinya kurang. Gak pengen montoknya anak berkurang…yah gitulah, namanya juga ibu2 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s